Sebagian Jakarta dan Tangerang Padam Sejak Siang, PLN Bantah Blackout

Sejumlah wilayah Jakarta yang padam sejak siang tadi adalah Muara Karang, Grogol, Kebon Jeruk, Budi Kemuliaan, Kebon Sirih, Kesambi, Karet, Kembangan

Sebagian Jakarta dan Tangerang Padam Sejak Siang, PLN Bantah Blackout
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas melakukan pengecekan valve pembangkit di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang, Jakarta Utara, Rabu (31/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Listrik kembali padam di sejumlah wilayah di Jakarta. Adanya gangguan di sistem pembangkitan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang disinyalir sebagai penyebab pemadaman tersebut.

Hal itu dikonfirmasi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani. "Ada gangguan di (PLGU) Muara Karang," katanya di Gedung DPR RI, Rabu (28/8/2019).

Namun, Sripeni masih belum memaparkan dengan gamblang penyebab gangguan tersebut.

Saat ini, tim dari PLN tengah melakukan upaya pemulihan sembari mencari penyebab gangguan. "Hasilnya apa belum ada," sambungnya.

Sejumlah wilayah di Jakarta yang sejak siang tadi padam adalah Muara Karang, Grogol, Kebon Jeruk, Budi Kemuliaan, Kebon Sirih, Kesambi, Karet, serta Kembangan.

Baca: Aliran Listrik di Kawasan Bandengan Sore Ini Masih Belum Menyala

Pemadaman terjadi mulai sekitar pukul 14:00 WIB.

Menurut Sripeni, sebagian wilayah sudah mulai teraliri listrik. "Yang sudah menyala Budi Kemulian, Kebon Sirih, Karet. Berikutnya Duri kosambi, Kembangan, Kebon jeruk," ujarnya.

Baca: Listrik di Jakarta dan Tangerang Sore Ini Mulai Normal Setelah 11 Gardu Induk Berhasil Dinyalakan

Sementara itu, General Manager PLN UID Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan bahwa pemadaman ini lantaran ada gangguan penghantar transmisi 150 kV Duri Kosambi - Kembangan pada pukul 14.11 WIB.

Sehingga, pasokan dari Pembangkit Muara Karang terputus, dan berdampak pemadaman di sebagian Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Selatan, sebagian Jakarta Barat, sebagian Bintaro dan sebagian Tangerang Selatan.

"Diharapkan dalam 30 Menit kedepan sudah menyala kembali," katanya.

Di sisi lain, Sripeni memastikan, pemadaman listrik kali ini tidak akan seperti blackout yang terjadi di sistem kelistrikan Jawa Bali pada 4 Agustus lalu.

"Bukan(blackout), sudah mulai kembali bertegangan, sekarang sudah mulai masuk," tandasnya.

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana 
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Sejumlah wilayah di Jakarta alami pemadaman listrik, PLN: Ini bukan blackout

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved