AP II: Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Diperkirakan Bisa Tampung 45 Juta Penumpang

Muhammad Awaluddin mengestimasikan terminal 4 Bandara Soetta mampu menampung hingga 45 juta penumpang.

AP II: Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Diperkirakan Bisa Tampung 45 Juta Penumpang
Ria Anatasia
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin (kanan) bersama Direktur Astra Internasional Paulus Bambang (tengah) dan Direktur Utama Astra Digital Djap Tet Fa di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (9/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) lewat pembangunan terminal 4.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengestimasikan terminal 4 Bandara Soetta mampu menampung hingga 45 juta penumpang.

"Secara umum kapasitas terminal akan dimaksimalkan karena itu lahan terakhir kita. Sehingga kalau ditanya idealnya kapasitasnya bisa 45 juta," kata Awaluddin di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (9/10/2019).

Baca: Angkasa Pura II Kucurkan Dana Rp 150 Juta untuk Perbaiki Jalan di Pulau Messah

Baca: Saran Politisi NasDem Agar Kenaikan Iuran BPJS Tak Melonjak Drastis

"Bandingkan dengan terminal 3 saja sudah 25 juta. Dengan luasan yang hampir sama nanti kapasitanya hampir dua kali lipat," tambahnya.

Dia menjelaskan, saat ini progres proyek tersebut berada di tahap finalisasi pemenang tender desain terminal bandara.

Dia menargetkan pengumuman pemenang tender sudah bisa dilakukan paling lambat akhir November tahun ini.

"Setelah itu bisa efektif bekerja 12 bulan setelah tanda tangan kontrak desain. Kenapa 12 bulan karena kita ingin (hasilnya) lebih baik dari yang sebelumnya," ucapnya.

Menurutnya, selama setahun pihaknya akan melakukan desain konseptual hingga desain pembangunan yang melibatkan seluruh stakeholder terkait, termasuk pemerintah, otoritas navigasi, maskapai dan lainnya.

"Jadi bagaimana tanggapan operator maskapai, dari pihak custom, imigrasi, karantina. Apakah prioritas LCC (maskapai berbiaya murah) atau full service, memberi info dalam 5-10 atau 5-20 tahun ke depan industri transportasi udara yang akan didorong maskapai seperti apa," papar Awaluddin.

"Belum lagi penumpang, pemerhati layanan udara dan itu akan dirumuskan sehingga tidak sepihak. Kalau itu sudah benar-benar final akan dikunci dalam kesepakatan bersama," jelasnya.

Selain itu, AP II akan melakukan basic design mengenai luas terminal, penempatan fasilitas terminal, arus pergerakan penumpang hingga kebutuhan sarana penunjang kebandarudaraan.

Kemudian desain pembangunan meliputi rencana anggaran biaya hingga jenis material yang akan digunakan.

Dia menargetkan pembangunan terminal 4 Bandara Soetta bisa dimulai pada 2021 dan rampung di 2024 mendatang.

"Berarti diatas semester I 2021 konstruksi berjalan, presiden (Joko Widodo) minta 3 tahun jadi 2024 diharapkan bisa selesai," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved