Alasan Airbus A400M Sengaja Diterbangkan Lagi ke Indonesia

Indonesia sendiri menjadi satu negara di Asia-Pasifik yang menjadi prioritas Airbus dalam memasarkan A400M.

Alasan Airbus A400M Sengaja Diterbangkan Lagi ke Indonesia
Kompas.com
Pesawat angkut A400M milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force), didatangkan Airbus ke Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (6/3/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force/RAF) dan Airbus kembali mendatangkan pesawat transport A400 M ke pangkalan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Selasa (12/11/2019) lalu.

Ini bukan yang pertama kalinya pesawat angkut multifungsi itu "mampir" ke Indonesia. Airbus dan Angkatan Udara sejumlah negara, seperti Inggris dan Perancis, rutin tiap tahun mendatangkan A400M sejak 2017 lalu.

Tak heran, sebab Indonesia sendiri menjadi satu negara di Asia-Pasifik yang menjadi prioritas Airbus dalam memasarkan A400M.

Dikutip dari Flight Global, Kamis (14/11/2019), Johan Pelissier mengatakan dua pasar yang paling berpotensi untuk A400M adalah Korea Selatan dan Indonesia.

Ia mengatakan, pembicaraan masih terus dilakukan antara pihak Airbus dengan pemerintah Indonesia. Seperti diketahui, pada Maret 2017 lalu, Airbus dan pemerintah Indonesia menandatangani Letter of Intent (LoI) pembelian dua pesawat Airbus A400M.

Baca: INACA Dukung Pembangunan Konektivitas dan 5 Bali Baru

"(Jakarta) sangat tertarik memiliki pesawat yang bisa terbang dari Pulau Jawa ke wilayah pedalaman seperti Papua, untuk mengantar berbagai bahan pokok. Itulah tujuan proyek Jembatan Udara. Kami masih dalam diskusi," ujar Pelissier.

 Hingga kini, satu-satunya negara yang mengoperasikan pesawat Airbus A400M di wilayah Asia-Pasifik adalah Malaysia, di bawah Angkatan Udaranya (Royal Malaysian Air Force).

Indonesia sendiri, berdasar rumor yang beredar selama ini, Airbus A400M akan dimiliki oleh pihak sipil/non-militer, menggunakan izin usaha angkutan udara (Air Operator Certificate/AOC) milik Pelita Air, namun pesawat akan diawaki oleh personil-personil TNI-AU.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Jadi Negara Prioritas Airbus A400M di Asia Pasifik"

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved