Pesan Khusus Jokowi ke Teten: Perkuat Ekonomi Rakyat Saat Ini

Jokowi berpesan agar Teten memperkuat ekonomi rakyat Indonesia saat ini. Karena hal tersebut dinilai dapat berdampak kepada politik

Pesan Khusus Jokowi ke Teten: Perkuat Ekonomi Rakyat Saat Ini
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki saat wawancara khusus bersama tim Tribunnews di Kantor Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019). Pada kesempatan tersebut Teten Masduki menjelaskan mengenai program-program yang akan dijalankannya untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah ada. Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengungkap pesan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya.

Jokowi berpesan agar Teten memperkuat ekonomi rakyat Indonesia saat ini. Karena hal tersebut dinilai dapat berdampak kepada politik di masa depan.

"Saya kira pesan politiknya itu, kalau ekonomi rakyat ini tidak diperkuat saat ini (akan) membahayakan politik Indonesia ke depan. Karena perasaan ketimpangan itu sekarang ini cukup terasa di mana-mana," ujar Teten, dalam wawancara khusus dengan Tribunnews.com, di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jl H R Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Ia menerjemahkan keinginan transformasi ekonomi dari Jokowi tersebut menjadi bagaimana struktur ekonomi tidak hanya dikuasai oleh segelintir orang. Namun masyarakat dapat turut menikmatinya.

Meski begitu, Teten menegaskan hal tersebut bukan berarti gap ekonomi atau sosial itu dapat diatasi dengan cara (usaha) yang besar ditarik ke bawah, atau (usaha) yang kecil ditarik ke atas.

Baca: Teten Masduki: Trading House Hingga Daya Saing Produksi Agar UMKM Bergairah

Baca: Mengenal Sosok Jokowi Lewat Teten Masduki

Baca: 3 Singkatan La Pada La Lembah Manah, Bukan Bahasa Arab, Gibran Beri Makna Mendalam untuk Putrinya

"Tidak bisa begitu. Kita juga butuh yang besar ini terus berkembang. Bahkan Pak Jokowi menghendaki mereka juga masuk ke pasar luar negeri. Investasi di luar negeri dan lain sebagainya," kata dia.

Selain itu, mantan kepala staf kepresidenan tersebut menilai perlu adanya kemitraan antara usaha besar dan kecil sehingga dapat maju bersama-sama.

"Dari statistik di banyak negara, yang sukses membangun UMKM-nya itu adalah dengan kemitraan-kemitraan. Misal ada trading house, bisa menjembatani antara pasar global dengan produk-produk UMKM yang kecil-kecil," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved