Dari Target Pertumbuhan 10 Juta Unit/Tahun, Menteri Agus Harap 20 Persennya Motor Listrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pemerintah menargetkan pertumbuhan roda dua nasional mencapai 10 juta unit/tahun

Dari Target Pertumbuhan 10 Juta Unit/Tahun, Menteri Agus Harap 20 Persennya Motor Listrik
TRIBUNNEWS.COM/HARI
Pembukaan IIMS Motobike Expo 2019, di Gedung Istora Geloa Bung Karno, Senayan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pemerintah menargetkan pertumbuhan kendaraan motor roda dua nasional mencapai 10 juta unit pertahun.

"Kendaraan roda dua ini, memiliki kontribusi yang sangat besar bagi ekonomo nasional melalui ekspor, investasi, dan penyerapan tenaga kerja, ucap Agus, dipembukaan IIMS Motobike Expo 2019, Jumat (29/11/2019).

Ia juga menambahkan, sejak 2010 hingga 2018 pertumbuhan kendaraan roda dua me capai angka 6,5 juta unit pertahun. Seiring pertumbuhan ini, banyak industri komponen lokal ikut bertumbuh.

Baca: Pertamina Gelontorkan Cashback di IIMS Motobike Expo 2019

"Penggunaan komponen lokal pada kendaraan motor roda dua saat ini sudah di atas 90 persen, selain itu produksi kendaraan motor roda dua sejak Januari-Oktober 2019 sudah mencapai 6,2 juta," kata Agus.

Agus juga menyebutkan, pada tahun 2025, pemerintah menargetkan pertumbuhan motor 10 juta unit per-tahun, dengan rincian 1 juta unit untuk pasar ekspor.

"Dari 10 juta unit ini, 20 persennya merupakan sepeda motor listrik berbasis baterai," lanjutnya.

Selain itu, ia juga memaparkan target ini merupakan proyeksi pararel untuk tahun 2030, dimana Indonesia harus menjadi pusat sepeda motor listrik di Asean.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved