Lebih Murah, Erick Thohir Ingin Pertamina Impor Minyak dari AS

Erick Thohir menginginkan PT Pertamina (Persero) untuk impor minyak dari Amerika Serikat, karena lebih murah.

KOMPAS.com / RAKHMAT NUR HAKIM
Menteri BUMN, Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan PT Pertamina (Persero) untuk impor minyak dari Amerika Serikat, karena lebih murah.

Erick menjelaskan, lebih baik Pertamina kalau mau impor minyak langsung dari produsennya, sehingga tidak melalui perantara.

"Kita mulai beli langsung dari produsen. Pertamina tender minyak mentah dari Amerika Serikat lebih murah 5 hingga 6 dolar AS per kiloliter," ujar Erick Thohir di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca: Pertamina Gelar Promo Isi Pertamax Gratis Tiap Rabu, Ini Syaratnya

Baca: Tekan Impor, Pertamina Gandeng ITB dan Pupuk Kujang Kembangkan Pabrik Katalis

Kendati demikian, Erick berupaya supaya impor minyak dan gas (migas) Pertamina dapat ditekan, sehingga tidak membebani neraca perdagangan.

"Saya rapat rutin bersama direksi dan komisaris Pertamina, yang pasti di rapat bulanan dengan Pertamina saya soroti bahwa impor migas harus ditekan. Terus, saya rasa progresnya bagus kita mau luncurkan B30," katanya.

Ia menambahkan, rapat bulanan dengan direksi dan komisaris Pertamina tersebut dilakukan tiap pekan ketiga setiap bulan dengan BUMN kelas kakap.

"Rencananya tiap pekan ketiga tiap bulan dengan Pertamina atau PLN, juga perbankan atau Telkom yang besar," pungkasnya.

Berita Populer
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved