Virus Corona

Aplikator Ojol Diminta Siapkan Masker Gratis untuk Cegah Virus Corona

Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) meminta aplikator ojek online menyediakan masker gratis untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Aplikator Ojol Diminta Siapkan Masker Gratis untuk Cegah Virus Corona
Tribunnews.com/Yulis Sulistyawan
Zerlina Oktavia, driver ojek online dari Pondok Cabe. TRIBUNNEWS.COM/YULIS SULISTYAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengemudi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) meminta aplikator ojek online menyediakan masker gratis untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Mengimbau aplikator membagikan kembali secara gratis masker pernapasan yang biasa digunakan untuk bedah ataupun masker berseri N95," kata Ketua Garda Igun Wicaksono dalam keterangannya, Rabu (29/1/2020).

Igun mengatakan, merebaknya wabah virus Corona dari Wuhan, Tiongkok perlu diantisipasi sejak awal, khususnya di kota-kota besar dan kota yang berinteraksi langsung dengan negara yang sudah ada terduga (suspect) terinfeksi virus Corona.

Dia melanjutkan, meski Kemenkes RI menyatakan belum ada terduga yang terkena virus Corona, driver ojol yang sehari-hari beraktivitas di luar ruangdan berinteraksi dengan banyak oran, sangat rentan untuk terjangkit virus Corona atau wabah penyakit lain melalui udara atau media lainnya.

"Garda menghimbau kepada perusahaan aplikator untuk memperhatikan aspek kesehatan bagi driver ojolnya dan bagi penumpang sejak dini, karena antisipasi atau mencegah akan lebih baik," ujarnya.

Baca: Makin Banyak Korban Bertumbangan, Xi Jinping Sebut Virus Corona Sebagai Iblis

Igun mengatakan, dengan membagikan masker secara gratis bisa menunjukkan kepedulian aplikator kepada mitra pengemudi dan penumpang.

Baca: Cerita Hasan Hidayat, Mahasiswa Indonesia yang Berhasil Pulang Sebelum Kota Wuhan Diisolasi

"Aplikatornya peduli dengan mitra driver dan penumpang pastinya akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan aplikator," kata dia.

Dia mengatakan, beberapa tahun lalu operator pernah memberikan masker gratis kepada mitra driver maupun untuk penumpang.

"Kami berharap hal ini dapat diterapkan kembali oleh aplikator sebagai wujud peduli kesehatan bersama," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved