Berkaca dari Kisel, Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia Lakukan Pembenahan

Rimond mengakui Koapgi masih jauh kelasnya dibanding Kisel, namun memiliki chemistry yang sama untuk melakukan kerjasama.

Berkaca dari Kisel, Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia Lakukan Pembenahan
Reynas Abdila/Tribunnews.com
Ketua Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia (Koapgi) Rimond Barkah Sukandi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia (Koapgi) Rimond Barkah Sukandi memandang harus ada langkah pembenahan untuk berada di level yang sama dengan Kisel (Koperasi Telekomunikasi Seluler/milik karyawan Telkomsel).

“Kami banyak belajar dan sudah melakukan beberapa kerjasama juga dengan Kisel. Karena, Kisel itu koperasi sudah kelas dunia", kata Rimond di Kemenkop UKM Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Rimond mengakui Koapgi masih jauh kelasnya dibanding Kisel, namun memiliki chemistry yang sama untuk melakukan kerjasama.

"Koapgi masih middle class, dan masih melakukan berbagai pembenahan untuk bisa berkontribusi pada perusahaan induk", kata Rimond.

Baca: Anggota Komisi VI DPR Ini Sebut Kinerja Koperasi di Indonesia Belum Maksimal

Baca: Karyawan Koperasi Tewas Bersimbah Darah, Diduga Dianiaya Rekan Kerjanya

Jumlah anggota Koapgi tercatat sebanyak 4.300 orang yang terdiri dari pilot, pramugari dan pramugara, serta pensiunan Garuda.

Angka tersebut cukup banyak untuk peluang usaha di Garuda yang bisa dikerjakan Koapgi, tetapi upaya kerjasama selalu gagal karena terbentur pada badan hukum koperasi.

"Koperasi dianggap tidak memiliki Good Corporate Governance atau GCG sebagai salah satu syarat menjalin kerjasama dengan pihak Garuda", ungkap Rimond.

Saat ini, aku Rimond, Koapgi masih berkecimpung di unit-unit usaha yang skalanya masih kecil, seperti kantin di area-area kru di bandara dan minimarket.

Padahal, peluang usaha lainnya terbuka lebar bisa dijalankan Koapgi, diantaranya seragam air crew, katering pesawat, dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Reygi Prabowo
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved