Breaking News:

Virus Corona

Pelni Sosialisasi Pencegahan Virus Corona ke Nahkoda dan ABK

Pelni melayani 46 trayek kapal perintis yang menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

TRIBUNNEWS.COM/IST
Kapal Pelni 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero, lakukan sosialisasi pencegahan dan tatalaksana infeksi virus corona di atas KM Ciremai di Pelabuhan Tanjuk Pirok, Jakarta.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan, sebagai perusahaan di bidan tranportasi laut Pelni melakukan sosialisasi demi keselamatan penumpang.

"Kami memberikan edukasi kepada nahkoda dan anak buah kapal (ABK) untuk tindakan preventif bagi penumpang terkait virus corona ini," ujar Yahya, Rabu (4/3/2020).

Para ABK juga mulai mensosialisasikan melalui imbauan kepada penumpang lewat pengumuman setiap tiga jam sekali.

Baca: Gubernur Anies Baswedan Minta Warga Jakarta Hindari 2 Tempat Hiburan Ini, Mana Saja?

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan selama pelayaran berlangsung.

Menurut Yahya, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di KM Ciremai saja, tetapi di lakukan pada seluruh kapal yang dioperasikan oleh Pelni sebagai penyedia transportasi laut.

Baca: Vietnam Berhasil Sembuhkan 156 Pasien Positif Corona, Ini Rahasianya

"Selain itu manajemen juga melaksanakan sosialisasi di kantor pusat dan cabang. Hal ini tentu untuk menjaga dan mewaspadai kondisi kesehatan, di wilayah lingkungan kerja Pelni," Kata Yahya.

Yahya menyebutkan, Pelni juga selalu mengimbau kembali kepada seliruh calon penumpang agar memastikan kondisi kesehatan sebelum membeli tiket perjalanan.

"Serta kepada para penumpang yang merasa kurang sehat, agar melapor ke petugas atau langsung ke poliklinik kapal yang siap melayani 24 jam," ujar Yahya.

Lanjut Yahya, dalam melakukan pencegahan Pelni juga intensif memjaga kebersihan kapal selama 24 jam. Penumpang pun diajak menjaga kebersihan kapal selama pelayaran.

Sebagai informasi, Pelni sendiri Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 46 trayek kapal perintis yang menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved