Virus Corona

Rupiah Hari Ini Diprediksi Akan Tembus Rekor Paling Lemah

Level terendah tersebut terjadi pada 17 Juni 1998, yakni ketika rupiah ada di level Rp 16.650 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rupiah Hari Ini Diprediksi Akan Tembus Rekor Paling Lemah
KOMPAS IMAGES
ILUSTRASI - Kurs valas di Bank Mandiri Tbk 

Laporan Reporter Hikma Dirgantara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Belum mampu keluar dari tekanan, rupiah pada perdagangan hari ini, Selasa 24 Maret 2020 diprediksi akan kembali melemah. Bahkan beberapa kalangan menilai rupiah punya peluang besar memecahkan rekor terburuk rupiah sepanjang masa.

Level terendah tersebut terjadi pada 17 Juni 1998, yakni ketika rupiah ada di level Rp 16.650 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pada penutupan hari ini, Senin (23/3), merujuk Bloomberg, rupiah di pasar spot sudah berada di level Rp 16.575 per dolar AS. Rupiah terkoreksi 3,85% dibandingkan penutupan Jumat (20/3) yang berada di level Rp 15.960 per dolar AS.

Sedangkan pada kurs tengah Bank Indonesia (BI), nasib rupiah juga sama saja. Mata uang Garuda telah turun 3,29% dan berada di level Rp 16.608 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengutarakan sentimen utama pergerakan rupiah masih akan seputar perkembangan virus corona.

Baca: UPDATE Kasus Corona di Indonesia: Naik Jadi 579 Kasus, 49 Meninggal, 30 Sembuh

Kendati ada wacana UU pendanaan darurat dari AS, sekalipun Senat AS meloloskan UU tersebut, Faisyal memperkirakan dampaknya tidak akan banyak.

“Sepertinya efeknya pun sementara seperti stimulus yang sudah-sudah. Karena yang dibutuhkan saat ini adalah ditemukannya vaksin, bukan subsidi dalam bentuk uang,” terang Faisyal.

Baca: Bill Gates: Virus Corona Patogen yang Muncul Sekali dalam Satu Abad

Faisyal menyebut level terburuk rupiah sepanjang masa akan dapat dilewati dalam waktu dekat, jika keadaan belum ada tanda-tanda membaik.

Setali tiga uang, ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri juga mengungkapkan hal yang serupa.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved