Breaking News:

Virus Corona

Ekspor Alat Medis Primer dari China Melonjak Jadi 1,5 Miliar Dolar AS

Ekspor persediaan medis dari negara tersebut melonjak tajam mencapai USD 1,45 miliar atau setara 10,2 miliar yuan

AFP/HECTOR RETAMAL
Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Saat virus corona (Covid-19) mulai mewabah di kawasan Eropa dan Amerika Serikat (AS), China menangguk untung.

Ekspor persediaan medis dari negara tersebut melonjak tajam mencapai USD 1,45 miliar atau setara 10,2 miliar yuan karena kebutuhan mendesak dari banyak negara untuk memerangi pandemi corona yang mematikan itu.

Pasokan utamanya, termasuk miliaran masker, jutaan pakaian pelindung dan detektor suhu inframerah, serta 16.000 unit ventilator telah dikirim ke luar negeri dalam waktu satu bulan terakhir, yakni sejak 1 Maret hingga 4 April lalu.

Seperti yang disampaikan Administrasi Umum Kepabeanan negara itu yang mengumumkan pada hari Minggu kemarin waktu setempat.

Baca: Pesan Mulyono, Pengemudi Ojol yang Ditipu Penumpang, Jangan Diapa-apakan, Jangan Dihakimi. . .

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (7/4/2020), menurut Departemen Perdagangan China, ekspor pasokan medis telah mengalami peningkatan.

Baca: Kisah Heroik J, Meninggal Tertimbun Longsor demi Selamatkan Ibunya yang Lumpuh

Melihat hal tersebut, pemerintah China pun tidak akan memberlakukan pembatasan pada pengiriman vital ini.

Hingga Sabtu lalu, 54 negara dan 3 organisasi internasional telah menandatangani kontrak pengadaan komersial untuk pasokan medis dengan China.

Baca: Prof Chaerul Anwar Nidom Beberkan Inovasi BCL dan Super Antioksidan untuk Usir Covid-19

Kementerian Perdagangan China pun tampaknya bereaksi terhadap beberapa laporan yang menyatakan bahwa negara-negara Eropa telah menerima pasokan medis yang salah dari China.

Perwakilan dari kementerian itu kemudian mengultimatum kepada seluruh produsen China yang ketahuan mengirimkan barang medis dengan kualitas rendah akan menghadapi sanksi yang berat.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved