Breaking News:

Virus Corona

IATA: Industri Transportasi Udara Diprediksi Bakal Pulih Pada 2023

IATA mencatat permintaan untuk perjalanan udara telah merosot lebih dari 90 persen di Eropa dan Amerika Serikat sejak dimulainya pandemi

corptraveller.co.uk
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) mencatat permintaan untuk perjalanan udara telah merosot lebih dari 90 persen di Eropa dan Amerika Serikat sejak dimulainya pandemi virus corona (Covid-19).

Ini mengindikasikan bahwa lalu lintas penumpang tidak akan pulih ke tingkat sebelum krisis hingga setidaknya tahun 2023 mendatang.

Dikutip dari laman Russia Today, Minggu (17/5/2020), IATA mencatat, pemulihan akan lebih lambat terjadi jika sistem penguncian (lockdown) dan pembatasan perjalanan diperpanjang oleh banyak negara.

Direktur Jenderal sekaligus CEO IATA Alexandre de Juniac pun berharap beberapa penerbangan akan dilanjutkan pada musim panas.

"Kami meminta pemerintah untuk melakukan pendekatan bertahap untuk memulai kembali industri ini agar maskapai bisa terbang lagi," ujar de Juniac.

Menurutnya, tujuannya adalah untuk membuka kembali dan meningkatkan pasar domestik pada akhir kuartal kedua di 2020, serta membuka pasar regional seperti Eropa, Amerika Utara atau Asia Pasifik pada kuartal ketiga, dan pasar antarbenua pada musim gugur.

"Jadi, untuk musim panas kami berharap akan melihat penerbangan di Eropa kembali pulih, saya juga berharap dilakukannya proses kontrol yang sangat aman," kata de Juniac.

Kendati demikian, de Juniac mengingatkan bahwa suatu hal yang tidak mungkin jika pemerintah memperkenalkan aturan karantina wajib bagi wisatawan selama 14 hari pada saat kedatangan.

"Kami meminta pemerintah untuk tidak menerapkan tindakan karantina yang akan menahan para wisatawan yang tiba dari mana saja selama dua minggu. Kami pikir itu tidak efektif, yang perlu dilakukan saat ini adalah penerapan kontrol kesehatan dan sanitasi yang bisa kami diskusikan dengan pemerintah," tegas de Juniac.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved