Tingkatkan Pelayanan Pelanggan, Pelindo I Luncurkan Aplikasi CRM

layanan call center untuk pelanggan ini sudah terintegrasi dengan CRM dan dapat digunakan pelanggan untuk menggali informasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelindo I (Persero) meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan.

CRM sendiri merupakan sebuah metode dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis, sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai aktivitas.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring, mengatakan hubungan perusahaan dan pelanggan menjadi sangat penting pada dinamika industri saat ini, karena di dalamnya terdapat proses analisis dan evaluasi.

"Dengan adanya aplikasi CRM yang berbasis portal web, pelanggan dapat menemukan berbagai channel yang bisa digunakan seperti layanan call center," ucap Syahputera dalam keterangannya, Kamis (21/5/2020).

Menurut Syahputera, layanan call center untuk pelanggan ini sudah terintegrasi dengan CRM dan dapat digunakan pelanggan untuk menggali informasi dan menjawab kebutuhan mereka.

"Aplikasi ini dapat menjadi solusi efektif bagi kami untuk meningkatkan layanan perusahaan, kepada pelanggan kami terutama dalam masa wabah Covid-19 ini," ujar Syahputera.

Syahputera juga mengatakan, dengan hadirnya aplikasi ini dapat meminimalisir kontak langsung antara pelanggan dan petugas, dan menjaga penerapan jaga jarak aman.

Ia juga menyebutkan, aplikasi ini memudahkan pihaknya dalam melakukan aktivitas marketing dan melakukan sosialisasi, mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan.

"CRM juga menjadi salah satu wujuh modernisasi sistem pelayanan Pelindo I, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepada pengguna jasa," kata Syahputera.

Menurut Syahputera, penerapan aplikasi CRM ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat proses komunikasi perusahaan, yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan.

"Kami telah melakukan kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM sejak awal tahun 2020 untuk memberikan pengetahuan penggunaannya, di berbagai wilayah kerja yang meliputi Medan, Pekanbaru, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Batam, dan Aceh," ucap Syahputera.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved