Breaking News:

Lebaran 2020

Jumlah Penumpang ASDP Turun 94 Persen Pada Hari Raya Idulfitri

Aktivitas penyeberangan di sembilan lintasan mulai dari H-7 hingga hari kedua Lebaran terpantau relatif sepi baik trafik penumpang maupun kendaraan

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Calon penumpang menunggu keberngkatan kapal untuk menyeberang menuju Lampung di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (14/01/2020). Aktivitas Pelabuhan Merak memasuki libur sekolah PTN dan PTS berjalan normal. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat telah melayani penumpang sebanyak 131.683 orang selama periode Angkutan Lebaran,

Dari data tersebut dipaparkan sebanyak74.846 unit kendaraan telah dilayani, termasuk 45.131 unit truk logistik.

Baca: Mercedes-Benz Luncurkan E-Class Facelift

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Imelda Alini menyebutkan angkutan lebaran sendiri telah dimulai oleh ASDP pada Minggu (17/5/2020) hingga Senin (22/5/2020) dan berjalan dengan lancar, aman, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Imelda, aktivitas penyeberangan di sembilan lintasan mulai dari H-7 hingga hari kedua Lebaran terpantau relatif sepi baik trafik penumpang maupun kendaraan.

"Hal ini sesuai dengan prediksi kami, seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang berdampak pada pengurangan mobilitas masyarakat," kata Imelda dalam keterangannya, Kamis (28/5/2020).

Ia menambahkan, pencapaian total penumpang yang menyeberang di sembilan lintasan tersebut turun 94,47 persen dibandingkan realisasi periode pada tahun lalu sebanyak 2.380.124 orang.

"Kemudian dari total kendaraan tersebut turun 86,49 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 553.817 unit kendaraan," kata Imelda.

Imelda mengatakan, tren kenaikan hanya terjadi pada trafik kendaraan truk, karena ASDP hanya boleh melayani penyeberangan angkutan logistik serta penumpang khusus yang telah lolos verifikasi tim gugus tugas Covid-19.

"Untuk truk logistik yang dilayani mencapai 45.131 unit di sembilan lintasan penyeberangan, atau naik 50,56 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 29.975 unit," ucap Imelda.

Sementara itu selama arus balik Lebaran, sambung Imelda, pihaknya mengimbau pengguna jasa agar tidak melakukan perjalanan dengan kapal ferry dulu, utamanya bagi masyarakat yang ingin kembali ke Jawa, khususnya Jakarta yang kini menjadi episentrum Covid-19 terbesar.

Baca: Kemenkominfo: Pemerintah Tidak Bisa Ikut Campur ke Dalam Sistem Platform Digital

"Kami meminta kepada pengguna jasa yang kemarin telah menyeberang, agar menahan diri untuk kembali ke Jawa, khususnya ke Jakarta, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir, dan kita bisa kembali beraktivitas dengan normal," ujar Imelda.

Imelda juga sangat mengapresiasi tingginya kesadaran dan kepatuhan masyarakat, dalam mendukung larangan mudik pemerintah untuk menunda perjalanan dengan kapal ferry pada periode Lebaran ini," ujar Imelda.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved