Breaking News:

PKS Minta Pemerintah Tetapkan Target Pertumbuhan Ekonomi Secara Kredibel dan Konsisten

Hasil pembahasan KEM-PPKF Tahun 2021 akan menjadi dasar penyusunan RAPBN Tahun Anggaran 2021

zoom-inlihat foto PKS Minta Pemerintah Tetapkan Target Pertumbuhan Ekonomi Secara Kredibel dan Konsisten
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Anggota DPR fraksi PKS, Ecky Awal Mucharram

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fraksi PKS DPR RI dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan IV tahun 2019-2020, menyampaikan sikap pada Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM & PPKF) Tahun 2021 yang telah disampaikan Pemerintah kepada DPR pada Rapat Paripurna DPR-RI Tanggal 12 Mei 2020.

Perwakilan fraksi PKS Ecky Awal Mucharram mengingatkan hasil pembahasan KEM-PPKF Tahun 2021 akan menjadi dasar penyusunan RAPBN Tahun Anggaran 2021, sehingga harus benar-benar dicermati arah politik anggaran negara yang ada didalamnya.

Baca: Kakak Pupung Sadili: Tolong Pak Penasihat Hukum Jangan Terus Memblow Up Reyna

"Politik anggaran negara sangat penting untuk memastikan bahwa APBN ke depan disusun secara kredibel dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat sebagaimana dimandatkan oleh konstitusi di tengah tantangan Pandemi Covid-19 dan kondisi resesi ekonomi global," kata Ecky, Senin (15/6/2020).

Ecky mengatakan pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru terhadap kondisi ekonomi, politik, sosial-budaya dan bahkan ke pertahanan dan keamanan negara.

Di bidang kesehatan, ribuan jiwa terkonfirmasi Covid-19 dan ribuan yang meninggal.

Di bidang ekonomi, Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan turunnya pertumbuhan ekonomi baik di sisi supply maupun demand, meningkatnya jumlah pemutusan hubungan kerja dan jumlah pengangguran, serta meningkatnya jumlah rakyat miskin.

“Fraksi PKS mengingatkan pemerintah bahwa Pemulihan ekonomi nasional dapat efektif dan signifikan berhasil ketika Penanganan krisis kesehatan telah dilalui. Fraksi PKS juga mengingatkan Pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan yang tepat dan tidak membingungkan rakyat," ujarnya.

Secara umum, Anggota Komisi XI DPR RI ini menyatakan, Fraksi PKS memandang dalam KEM dan PPKF Tahun 2021 masih membutuhkan penajaman kebijakan dalam upaya penanganan Pandemi Covid-19, mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas.

Baca: Peringatan Dini BMKG Selasa, 16 Juni 2020: Waspada 19 Wiayah Berpotensi Hujan Lebat

Meningkatkan lapangan kerja, mengurangi kesenjangan, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 23 Ayat 1.

“Fraksi PKS memandang Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2021 perlu didesain lebih kredibel untuk memberikan dampak yang lebih optimal bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Sehingga sila ke-5 Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud," ucapnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved