Breaking News:

Ini Cara Agar UMKM Mampu Bertahan dan Tumbuh Saat Pandemi Saat Ini

Gunakan Platform periklanan yang mendukung bisnis anda secara online, tentukan strategi apa yang mau dipakai

Ist
Ilustrasi UMKM makanan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi covid 19 ini meluluh lantahkan brand-brand besar.

Dalam seketika usaha bisnis tumbang perlahan mulai dari Zara, Adidas, Victoria Secret, Pizza Hut, Wendy’s, dan lain sebagainya.

Saat ini pengusaha dipaksa dalam posisi bertahan, sudah tidak lagi memikirkan profit tetapi bagaimana agar bisa bertahan menjaga keseimbangan perusahaan serta mempertahankan karyawan mereka.

Berbagai macam usahapun dilakukan.

Banyak usaha yang swap model bisnisnya seperti Pizza Hut jual di pinggir jalan, hotel menjadi ruang kerja, industry fashion berjualan masker, catering rumahan berjualan frozen food dan lain sebagainya.

Baca: Gas Bumi PGN Dorong Penghematan Biaya Produksi Usaha UMKM

Beda dengan brand besar, sejumlah bisnis kecil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) malah merangkak naik.

Ini bisa terjadi karena mereka yang sudah mengerti digital marketing tahu caranya, siapa target marketnya, serta teknis penerapannya, mereka tetap mendapatkan orderan secara online.

"Hal ini kerap menjadi perhatian kita seluruh pengusaha, karena digital marketing ini seluruh proses dilakukan secara online sehingga memudahkan kita yang tidak bisa kemana-mana atau wfh," kata Kevin Maulana selaku founder Akudigital dalam keterangannya, Kamis (24/9/2020).

Akudigital merupakan digital agency terintegrasi di Indonesia yang berfokus membantu pengusaha untuk mengoptimalkan strategi digital marketing guna untuk memperluas jangkauan suatu brand/produk sehingga menghasilkan trafik, mendapatkan perhatian dari customer, mempertemukan customer yang relevan serta meningkatkan hasil penjualan.

Baca: AirAsia Ancang-ancang Kenalkan Super App Bulan Depan untuk Awali Transisi Bisnis

Kevin menyampaikan sejumlah tips agar bertahan di era new normal saat daya beli yang menurun akibat pandemi, membuat market juga menurun.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved