Breaking News:

Graduation BRIncubator Go Global Lahirkan UMKM Siap Bersaing di Pasar Internasional

Program ini merupakan kolaborasi BRI dengan Kementerian Riset dan Teknologi RI, Kementerian Koperasi dan UMKM RI, dan UCoach

Humas Bank BRI
Graduation BRIncubator Go Global 2020 di Jakarta, Selasa (27/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui program BRIncubator Go Global 2020 telah melakukan seleksi kepada ratusan UMKM yang selanjutnya mendapatkan pelatihan dan bimbingan sehingga memiliki kemampuan bersaing di pasar internasional.

Program ini merupakan kolaborasi BRI dengan Kementerian Riset dan Teknologi RI, Kementerian Koperasi dan UMKM RI, dan UCoach untuk mengembangkan UMKM agar siap bertransformasi di era revolusi industri 4.0.

Dalam puncak acara Graduation BRIncubator Go Global 2020 yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (27/10/2020) tersebut hadir Menristek RI Bambang Brodjonegoro, Menkop dan UKM RI Teten Masduki, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dan Direktur Bisnis Kecil, Ritel dan Menengah BRI Priyastomo.

Proses seleksi dan penjurian berlangsung sejak September lalu dengan melibatkan total 289 pelaku UMKM binaan BRI. Setelah dilakukan seleksi ketat, pada puncak rangkaian program BRIncubator Go Global 2020 telah terpilih 10 UMKM dari 25 UMKM finalis.

Catur menjelaskan perlu adanya program intensif sebagai akselerasi bisnis UMKM yang dapat mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda binaan BRI yang memiliki daya saing lokal hingga mancanegara.

“Oleh karenanya BRI juga akan terus konsisten untuk mengembangkan UMKM di Indonesia dengan melakukan berbagai program pemberdayaan dan pendampingan kepada UMKM dalam perannya sebagai Agent of Development,” ujar Catur.

Sementara itu Direktur Bisnis Mikro BRI Supari yang turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan penentuan UMKM unggulan finalis BRIncubator Go Global dilakukan secara profesional oleh 17 juri dan mentor.

“Meski sudah memilih 10 terbaik, kami menilai seluruh UMKM yang ikut program ini telah siap bertransformasi dalam menjalankan bisnisnya. Mereka kini sudah siap masuk pasar global dan bekerja sama langsung dengan industri-industri besar,” ujar Supari.

BRIncubator Go Global adalah program pelatihan dan bimbingan terhadap UMKM agar siap masuk dalam rantai pasok pasar nasional dan internasional. Program ini berisi kegiatan inkubasi, pendampingan (coaching, mentoring), dan kanalisasi distribusi produk UMKM.

Dalam program ini, BRI telah membina UMKM terpilih yang bergerak di sektor kuliner, fashion, dan kerajinan. Pemilihan puluhan UMKM ini dilakukan atas indikator sikap, kematangan pelaku usaha untuk dibina dan dikembangkan, serta seberapa besar UMKM terkait siap melakukan digitalisasi dan adopsi teknologi dalam usahanya.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved