Breaking News:

Operasi Moneter, Bank China Tukar Dolar AS ke Yuan

Bank-bank besar milik negara China telah menukar dolar Amerika Serikat (AS) dengan yuan pekan ini melalui informasi dari para trader,

zoom-inlihat foto Operasi Moneter, Bank China Tukar Dolar AS ke Yuan
RT.COM/AFP PHOTO
Mata uang yuan China

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank-bank besar milik negara China telah menukar dolar Amerika Serikat (AS) dengan yuan pekan ini melalui informasi dari para trader, mengutip Reuters.

Hal tersebut menunjukkan bahwa otoritas moneter daratan mencoba untuk mengendalikan mata uang mereka yang terapresiasi.

Langkah operasi moneter dari bank-bank China itu dilakukan setelah mata uang yuan sebelumnya mengalami tekanan di pasar berjangka.

"Operasi di pasar pertukaran mata uang dalam negeri telah menyebabkan nilai yuan turun di pasar berjangka, mengurangi ekspektasi untuk mengapresiasi, dan secara bersamaan membuatnya lebih mahal bagi investor untuk meminjam yuan," tulis Reuters, Kamis (29/10/2200).

Di sisi lain, ada juga pihak-pihak yang tidak menginginkan penguatan yuan secara signifikan dengan cara membeli mata uang Negeri Paman Sam.

"Dua trader yang berbicara dengan Reuters juga mengatakan mereka melihat bank-bank negara besar membeli dolar AS di pasar spot dalam negeri untuk secara efektif mencegah penguatan yuan terlalu cepat," tutup keterangan tersebut.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved