Breaking News:

Natal dan Tahun Baru 2021

Menhub: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelayanan Bandara Harus Sesuai Standar Protokol Kesehatan

Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali terkait pelayanan dan penerapan protokol kesehatan.

Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Suasana di area publik keberangkatan terminal internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Rabu (1/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali terkait pelayanan dan penerapan protokol kesehatan.

Menurut Budi Karya, momen akhir tahun ini diprediksi akan dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian khususnya untuk berlibur ke Bali.

"Maka dari itu, pelayanan bandara harus dipastikan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang harus dijalankan," ucap Budi Karya dalam keterangannya, Sabtu (12/12/2020).

Budi Karya mengungkapkan, protokol kesehatan wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meski ada kebijakan pengurangan jumlah hari cuti bersama, tetapi antisipasi penting dilakukan.

"Momen akhir tahun ini, jangan sampai menjadi pemicu peningkatan jumlah kasus Covid-19, seluruh stakeholder penerbangan pun harus menjaga kepercayaan masyarakat untuk menggunakan pesawat di tengah pandemi ini," ujar Budi Karya.

Baca juga: Jelang Libur Natal, Maskapai Ini Tawarkan Penerbangan Virtual untuk Melihat Sinterklas

Ia juga menegaskan, sektor transportasi harus tegas dalam menerapkan protokol kesehatan agar kepercayaan masyarakat dapat kembali pulih untuk menggunakan angkutan udara.

"Saya berharap dukungan stakeholder transportasi termasuk pemerintah daerah, untuk bersinergi bersama pemerintah menekan angka penularan virus Covid-19, khususnya di tempat-tempat wisata," kata Budi Karya.

Kementerian Perhubungan sendiri, memprediksi jumlah penumpang angkutan umum di semua moda transportasi pada libur panjang akhir tahun ini turun sekitar 52 persen dibandingkan pada tahun lalu.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved