Breaking News:

Bangun Industri Baterai Listrik, Erick Thohir Jajaki Kerja Sama dengan Tesla

Presiden Jokowi sebelumnya pernah menelepon bos Tesla, Elon Musk untuk menawarkan peluang investasi mobil listrik di dalam negeri.

istimewa
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Erick Thohir. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir akan menjajaki kerja sama pembangunan industri baterai listrik di Indonesia dengan produsen kendaraan listrik dan energi bersih yang berbasis di Amerika Serikat, Tesla Inc.

"Insyaallah di Februari ini, saya akan membuka pembicaraan dengan Tesla untuk mengembangkan kerja sama ini," kata Erick dalam keterangannya, Sabtu (2/1/2020).

Namun, Erick belum menjelaskan persiapan pertemuan dengan Tesla itu.

Ia hanya menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan langkah lanjutan dari keseriusan pemerintah membangun industri baterai listrik di dalam negeri.

Presiden Jokowi sebelumnya pernah menelepon bos Tesla, Elon Musk untuk menawarkan peluang investasi mobil listrik di dalam negeri.

Ia juga menawari Musk untuk menjadikan Indonesia sebagai lokasi bantalan peluncuran (launching pad) Space X.

Kemudian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga memastikan Tesla akan mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menindaklanjuti tawaran investasi dari Presiden Jokowi.

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang Siap Yakinkan Tesla untuk Berinvestasi di Indonesia

Rencananya, tim Tesla akan ke tanah air pada Januari 2021.

"Tesla akan mengirim timnya, awal Januari nanti ke Indonesia untuk mem-follow up pembicaraan antara Bapak Presiden dengan pemilik Tesla Elon Musk," ucap Agus, beberapa waktu lalu.

Pemerintah sendiri sudah memulai implementasi dari rencana pembangunan baterai listrik dengan membentuk konsorsium antar BUMN.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved