Breaking News:

Minat Konsumen Beli Rumah Lewat KPR Syariah Masih Tinggi?

Pemerintah telah meresmikan merger atau penggabungan tiga bank syariah milik negara menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

Ilustrasi KPR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah telah meresmikan merger atau penggabungan tiga bank syariah milik negara menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

Merger ketiga bank syariah ini dipandang bakal membawa angin segar untuk industri perumahan.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com mengatakan, berdasarkan temuan dari Rumah.com Consumer Sentimet Study H1 2020, sebanyak 35 persen responden memilih pembiayaan KPR Syariah ketika ditanya pilihan pembayaran saat membeli rumah.

“Sebaliknya peminat KPR Konvensional kembali mengalami penurunan dari 29 persen responden pada semester II 2020 menjadi 22 persen responden pada semester I 2021 ini setelah sebelumnya peminat KPR Konvensional juga turun dari 37 persen responden pada semester I 2020 turun menjadi 29 persen responden pada semester II 2020,” jelas Marine dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: BTN dan Kementerian PUPR Kerjasama Salurkan KPR Bersubsidi

Minat responden Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021 ketika memilih menggunakan KPR Syariah ternyata tidak hanya didasari karena pertimbangan keagamaan.

Alasan preferensi terhadap pembiayaan syariah karena pertimbangan keyakinan agama, dinyatakan oleh 70 persen responden.

Sementara itu adanya kepastian besaran cicilan bulanan (fixed rate) dinyatakan oleh 69 persen responden.

Alasan berikutnya yang juga populer disebut oleh responden adalah karena kepastian jumlah total biaya yang harus dikeluarkan, sebanyak 46 persen serta proses pengajuannya dianggap lebih mudah yang dinyatakan oleh 45 persen responden.

Baca juga: Ditinggal Adiknya Lamaran Duluan, Ekpresi Cemberut Via Vallen Jadi Sorotan

Preferensi terhadap pembiayaan syariah juga dikonfirmasi dari pertanyaan lainnya dalam survei ini.

Ketika responden ditanya apa faktor yang dipertimbangkan ketika mengambil pembiayaan, kesesuaian denga prinsip syariah dinyatakan sebagai pertimbangan oleh 42 persen responden.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved