Breaking News:

Semua Daerah Ekononominya Minus, Hanya Sulawesi, Maluku dan Papua yang Tumbuh Positif

Pertumbuhan ekonomi sebagian besar pulau di Indonesia negatif pada tahun 2020, kecuali Pulau Sulawesi dan gabungan pulau di Maluku dan Papua.

Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kepala Badan Pusat Statistik Kecuk Suhariyanto. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Kontan, Bidara Pink

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun lalu terkontraksi atau tumbuh minus 2,07% yoy.

Pertumbuhan ekonomi sebagian besar pulau di Indonesia negatif pada tahun 2020, kecuali Pulau Sulawesi dan gabungan pulau di Maluku dan Papua.

Catatan BPS, pertumbuhan ekonomi di Pulau Sulawesi pada tahun lalu sebesar 0,23% yoy dengan kontribusi ke pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 6,66%.

Sementara pertumbuhan ekonomi di Maluku dan Papua sebesar 1,44% yoy dengan kontribusi 2,35%.

Kepala BPS Suhariyanto menyebutkan, pertumbuhan ekonomi positif pada Sulawesi disokong oleh pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah yang sebesar 4,8% yoy karena adanya kenaikan produksi nikel.

Sementara pertumbuhan ekonomi yang positif di Maluku dan Papua disebabkan pertumbuhan positif dua provinsi, yaitu Provinsi Maluku Utara sebesar 4,92% yoy dan Papua 3,2% yoy.

“Khusus provinsi Papua karena ada kenaikan dari produksi tembaga sehingga membuat pertumbuhan ekonominya positif,” terang Suhariyanto dalam keterangan pers terkait pertumbuhan ekonomi 2020, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Ekonomi Indonesia Minus 2.07 Persen, PPKM Jadi Blunder dan Stimulus Kurang Efektif

Sayangnya, meski memang tumbuh positif, tetapi sumbangan pertumbuhan ekonomi Sulawesi serta Maluku dan Papua masih lebih keci dibandingkan sumbangan pulau lain.

Struktur pertumbuhan ekonomi secara spasial pun tidak berubah, masih Jawa dan Sumatera yang memberikan sumbangan terbesar.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Minus Lagi, PAN: Ketatkan Prokes dan Percepat Bansos Tunai

Pulau Jawa yang berkontribusi 58,75% terhadap pertumbuhan ekonomi domestik, mengalami pertumbuhan ekonomi negatif 2,51% yoy.

Pulau Sumatera yang berkontribusi 21,36% mencatat pertumbuhan minus 1,19% yoy.

Sementara pulau Kalimantan dengan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional 7,94%, ekonominya tumbuh minus 2,27% yoy.

Pulau Bali dan Nusa Tenggara dengan kontribusi 2,94% mengalami pertumbuhan negatif 5,01% yoy.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul BPS: Hanya Sulawesi, Maluku dan Papua yang ekonominya tumbuh positif di 2020

Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved