Breaking News:

BCA Imbau Nasabah Ganti Kartu ATM Magnetic Stripe ke Chip Secepatnya, Ini Sebabnya

Bank BCA mengimbau para nasabah agar segera mengganti kartu ATM berbasis magnetic stripe miliknya menjadi tipe chip.

BCA
Bank BCA mengimbau para nasabah agar segera mengganti kartu ATM berbasis magnetic stripe miliknya menjadi tipe chip. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank BCA mengimbau para nasabah agar segera mengganti kartu ATM berbasis magnetic stripe miliknya menjadi tipe chip.

Dalam laman resmi bca.co.id, dijelaskan 3 alasan kenapa kamu harus ganti ke kartu ATM atau Paspor BCA chip. Alasan pertama yakni kartu debit chip lebih banyak benefitnya.

Baca juga: MNC Vision Networks Menjajaki Merger dengan Malacca Straits

“Jika kamu beralih ke kartu debit berteknologi chip, misalnya ke kartu debit chip BCA Mastercard, maka kamu tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM mesin EDC. Kamu juga bisa melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkannya lewat BCA mobile,” tulis BCA dalam laman resminya, dikutip Sabtu (27/2/2021).

Dijelaskan pula, kamu bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan mastercard.

Alasan kedua yakni adanya kewajiban yang ditetapkan Bank Indonesia untuk mengganti ATM magnetic stripe menjadi kartu chip.

Baca juga: Jokowi Sering Dapat Sambutan Massa, SOP Protokoler dan Paspampres Harus Ditinjau Ulang

Sejak 2015, Bank Indonesia memang sudah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.

“Jadi kamu harus segera mengganti ke Paspor chip daripada nantinya tidak bisa digunakan karena bank-bank dan merchant-merchant sudah mulai mengganti mesin EDC yang bisa membaca kartu chip secara bertahap,” demikian bunyi penjelasan BCA.

Alasan terakhir yakni agar bisa mengurangi risiko kejahatan kartu. BCA mengakui, saat ini banyak terjadi kejahatan kartu dengan modus pencurian data lewat magnetic stripe pada kartu atau yang biasa disebut skimming.

“Magnetic stripe secara teknologi lebih mudah di-copy datanya ketimbang kartu chip yang secara teknologi lebih maju. Jadi, kartu magnetic stripe kamu itu lebih berisiko lho,” bebernya.

Batas waktu dan cara ganti kartu ATM BCA

Halaman
12
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved