Breaking News:

Fakta-Fakta Terbaru Manfaat Susu Sapi A2, Beta-kasein A2 Bekerja Seperti ASI Untuk Pacu Imunitas

Susu sapi A2 atau dalam bahasa ilmiah disebut beta-kasein A2, memiliki sifat yang mudah dicerna karena terdiri dari seratus persen beta-kasein A2.

dok.
Profesor Kehormatan Sistem Agri-Food Lincoln University, Selandia Baru, Prof Keith Woodford memaparkan jenis susu sapi yang baik untuk manusia di acara diskusi virtual dengan media, Sabtu (27/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Selama ini kita mengetahui susu merupakan sumber protein hewani yang nilai gizinya tinggi.

Untuk tumbuh-kembang anak, susu juga dinilai sebagai asupan padat nutrisi dengan kandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B.

Begitu pula untuk mendapat semua kandungan manfaat itu, ada baiknya Anda mengenal jenis susu yang ada.

Karena tidak semua sapi menghasilkan susu yang sama. 

Profesor Kehormatan Sistem Agri-Food dari Lincoln University, Selandia Baru, Prof Keith Woodford berkesempatan menjelaskan jenis susu sapi yang baik untuk manusia.

Berbicara dalam forum Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) bertema “A Closer Look in Malnutrition and Malabsorption: The Acknowledgment of Beta-Casein A2’s Benefit”, Prof Keith mengungkapkan fakta-fakta terbaru jenis susu sapi A2 memiliki manfaat sangat besar.

Baca juga: Calon Orang Tua Jangan Takut, Ini Kata Ahli Soal Minum Susu Ibu Hamil dan Suplemen Bersamaan

Prof Keith menjabarkan susu sapi A2 atau dalam bahasa ilmiah disebut beta-kasein A2, memiliki sifat yang mudah dicerna karena terdiri dari seratus persen beta-kasein A2, mengurangi risiko penyakit serius, dan lebih baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Masih Banyak Beranggapan Kental Manis Susu Pertumbuhan, BPOM Diminta Perketat Regulasi

Prof Keith menjelakan, awalnya, semua sapi merupakan ‘tipe A2’. Istilah ‘A2’ mengacu pada karakteristik beta-kasein dalam susu.

Beta-kasein ialah jenis protein yang penting yang terdapat dalam semua susu mamalia.

Baca juga: Susu Anak Hingga Kreasi Makanan, Ini 3 Tips Penuhi Nutrisi Si Kecil di Masa Pandemi

Adanya mutasi genetika sapi membuat munculnya sapi A1 yang menghasilkan susu sapi yang mengandung beta-kasein A1 dan susu sapi A2 yang mengandung beta-kasein A2. Beta-kasein A1 dicerna secara berbeda dibandingkan dengan beta-kasein A2.

Halaman
123
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved