Breaking News:

REI Berharap Relaksasi PPN Properti Bisa Diperpanjang Hingga Akhir 2021

Paulus Totok Lusida, mengatakan kebijakan itu bakal berdampak signifikan untuk mendorong pertumbuhan sektor properti di tahun 2021.

Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah resmi memberikan insentif dalam pembelian rumah yang memiliki rentang harga di bawah Rp 2 miliar hingga maksimal Rp 5 miliar.

Insentif tersebut berupa diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 21/PMK/010/2021 yang berlaku mulai 1 Maret 2021 hingga Agustus 2021.

Real Estate Indonesia (REI) pun menyambut baik kebijakn insentif tersebut.

Baca juga: Sambut Baik PPN Properti Ditanggung Pemerintah, REI: Ini Sejarah Baru yang Mesti Dimanfaatkan

Menurut Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida, kebijakan itu bakal berdampak signifikan untuk mendorong pertumbuhan sektor properti di tahun 2021.

"Bentuk insentif PPN ini merupakan salah satu usulan REI untuk mendongkrak kinerja sektor properti. REI mengapresiasi pemerintah yang menampung usulan dari asosiasi properti, meski tidak sepenuhnya terakomodasi," kata Totok saat dihubungi, Rabu (3/3/2021).

Totok mengungkapkan bahwa sebelumnya REI telah memberikan masukan agar relaksasi PPN bisa berlaku hingga akhir tahun. Meski begitu, pihaknya memaklumi bila pada akhirnya pemerintah hanya memberikan insentif selama enam bulan, yakni periode Maret hingga Agustus 2021.

Baca juga: Diskon PPN Sektor Properti Dinilai Langkah Tepat di Tengah Pandemi

"Memang dari REI telah meminta agar relaksasi diperpanjang sampai Desember. Tapi dari kebijakan pemerintah tersebut lebih diarahkan untuk menyerap stok hunian yang belum terserap dulu. Terlepas dari itu, yang terpenting adalah apa yang kami minta diperhatikan oleh para menteri di bawah Presiden," ujar Totok.

Selain insentif PPN, ada sejumlah usulan yang sudah diajukan REI yaitu soal sunset policy dan insentif pada tarif Pajak Penghasilan (PPh) sewa. Meski belum diakomodir, Totok yakin bahwa sejumlah insentif yang ada saat ini, bisa menggerakkan sektor properti untuk tumbuh positif di tahun ini.

"Jadi dari REI menyampaikan terima kasih atas pemberlakuan insentif yang telah ada. Ke depannya tentu kita berharap akan ada kebijakan khusus terkait insentif sunset policy hingga PPh," ungkap Totok.

Halaman
12
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved