Breaking News:

Penanganan Covid

Wakil Menkeu: Vaksin Covid-19 Langkah Awal Pulihkan Ekonomi

Suahasil Nazara mengatakan, akar permasalahan pandemi adalah masalah kesehatan, sehingga penting bagi pemerintah untuk terus memberikan dukungan. 

pertamina.com
Suahasil Nazara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, pemerintah memiliki tiga game changer dalam menghadapi pandemi Covid 19, yakni intervensi kesehatan, survival and recovery kit, dan reformasi struktural melalui Undang-undang Cipta Kerja.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, akar permasalahan pandemi adalah masalah kesehatan, sehingga penting bagi pemerintah untuk terus memberikan dukungan. 

"Satu yang terpenting adalah vaksinasi gratis bagi 485 juta dosis untuk orang Indonesia agar mendapatkan herd immunity,"  ujarnya dalam Webinar Launch Report "The Social and Economic Effect of Covid-19 and Reach of Government Support”, Kamis (04/03/2021).

Baca juga: Ekonom Stanchart: Ekonomi Indonesia 2021 Ini Akan Tumbuh 4,5 Persen dan Inflasi 2,9 Persen

Game changer kedua adalah survival and recovery kit, di mana APBN akan menjadi instrumen utama melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“APBN sangat penting untuk fleksibel dan terus beradaptasi dengan desain kebijakan yang fleksibel,” kata Suahasil.

Baca juga: Perlu Penguatan Pasokan Energi untuk Industri Demi Pemulihan Ekonomi Nasional

Selanjutnya, game changer ketiga adalah reformasi struktural melalui UU Ciptaker yang menjadi instrumen untuk mendorong transformasi dan mengubah fundamental ekonomi Indonesia.

Menurutnya, bertahan dari pandemi tidak hanya bertahan hidup, tetapi memastikan Indonesia berikutnya memiliki lingkungan baru di mana lanskap ekonomi jauh lebih kondusif untuk investasi, untuk penciptaan lapangan kerja dan untuk kemakmuran.

"Kami terus memastikan bahwa operasionalisasi UU Ciptaker akan menjadi reformasi struktural untuk masa depan Indonesia,” kata dia.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved