Breaking News:

Penanganan Covid

Industri Asuransi Bayar Klaim Pasien Covid-19 Rp 661 Miliar

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan total klaim terkait Covid-19 hingga Oktober 2020 senilai Rp 661 miliar.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Pendonor menjalani donor plasma konvalesen di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021). Kebutuhan plasma konvalesen meningkat hingga 200 kantong per hari, oleh karenanya diharapkan penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasmanya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 yang masih dirawat. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan total klaim terkait Covid-19 hingga Oktober 2020 senilai Rp 661 miliar.

Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI, Freddy Thamrin mengatakan, klaim tersebut telah dibayarkan kepada 9.128 pemegang polis,

"Total klaim Covid-19 yang kita bayarkan kepada nasabah mencapai Rp 661 miliar. Dan dibayarkan kepada 9.128 pemegang polis," jelas Freddy Thamrin dalam paparannya secara daring, Selasa (9/3/2021).

Bila dirinci, jumlah yang menggunakan produk Asuransi Jiwa Kredit sebanyak 554 polis, dengan total klaim Rp 86,2 miliar.

Sementara itu, jumlah yang menggunakan produk Life & Health Insurance sebanyak 8.574 polis, dengan total klaim Rp 575,2 miliar.

Baca juga: Equity Life Tawarkan Asuransi Cicilan Multiguna ke Pelanggan Home Credit

Dia menjelaskan, pemerintah memang menyatakan Covid-19 sebagai pandemi, dan menanggung beban biaya rumah sakit.

Baca juga: Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan Asuransi dan Dana Pensiun

Namun, terdapat juga beberapa masyarakat yang menanggung beban biaya fasilitas kesehatan menggunakan dana pribadi ataupun dengan asuransi.

"Jadi walaupun pemerintah menyatakan Covid-19 merupakan pandemi dan beban biaya rumah sakit ditanggung pemerintah, tapi tetap ada porsi dari Asuransi jiwa kepada nasabah-nasabahnya," ujar Freddy.

"Mungkin tidak diklaimkan ke pemerintah, tapi merupakan tanggungan dari klaim asuransi jiwa banyaknya 9.128," pungkasnya.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved