Breaking News:

Antam Belajar ke Pupuk Kaltim Jalankan Program Kemitraan

Optimalisasi tata kelola CSR yang dijalankan Pupuk Kaltim di berbagai program menarik perhatian PT Aneka Tambang

dok Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim menjalankan strategi PKT Proactive Covid-19 dalam menjaga operasional pabrik tetap stabil di tengah pandemi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Optimalisasi tata kelola CSR yang dijalankan Pupuk Kaltim di berbagai program menarik perhatian PT Aneka Tambang (Antam).

VP CSR Antam Resna Handayani, mengatakan pupuk Kaltim sejauh ini mampu melaksanakan CSR secara tepat sasaran di berbagai bidang, sehingga perseroan melakukan benchmark tata kelola CSR ke Pupuk Kaltim.

Baca juga: Perkuat Pengawasan Pupuk Bersubsidi, Pupuk Indonesia Jajaki Kerjasama dengan Bareskrim

Menurutnya, banyak rekomendasi yang ditujukan, salah satunya kinerja lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang berhasil mengantarkan Pupuk Kaltim meraih Proper Nasional peringkat emas empat kali berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Begitu pula dengan program kemitraan, Pupuk Kaltim dinilai mampu mengotimalkan program dengan banyaknya mitra binaan yang tergabung, serta menunjukkan performa dan keberhasilan yang siginifikan.

“Untuk tahun 2021, Antam juga akan merealisasikan program kemitraan secara berkesinambungan, sehingga butuh referensi lanjutan agar dapat berjalan optimal,” kata Resna dalam keterangannya, Rabu (19/3/2021).

Resna berharap melalui benchmark dengan Pupuk Kaltim, Antam mampu menjalankan tanggung jawab sosial bagi masyarakat di berbagai bidang, yang tak hanya fokus pada program kemitraan saja, tapi juga inisiasi CSR yang tepat sasaran.

Baca juga: Update Harga Emas Antam Rabu, 10 Maret 2021: Naik Rp 15.000, per Gramnya Jadi Rp 930.000

Hal ini melihat jangkauan Antam yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia, serta diwajibkan mengalokasikan CSR di seluruh wilayah tersebut.

“Kami berharap Pupuk Kaltim dapat berbagi pengetahuan dengan Antam, sehingga sinergi BUMN untuk alokasi CSR sesuai mandat Direksi, bisa kami jalankan dengan baik dan sesuai aturan,” ungkapnya.

Sementara itu, SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, menyambut positif benchmark Antam untuk menggali referensi tata kelola CSR yang dilaksanakan Pupuk Kaltim.

“Pupuk Kaltim sangat terbuka untuk saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan CSR dan menyambut baik upaya ANTAM pada kegiatan ini,” kata Teguh.

Teguh menjelaskan, sesuai visi dan misi perusahaan, Pupuk Kaltim menitikberatkan pengelolaan CSR dalam mewujudkan masyarakat mandiri dan berkelanjutan, dengan memberdayakan sumber daya lokal melalui kegiatan usaha yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Pupuk Kaltim juga menciptakan keserasian lingkungan dengan membangun infrastruktur pedukung yang berkelanjutan, serta menciptakan sinergi perusahaan bersama stakeholders.

“Pupuk Kaltim terus berinovasi dalam pengelolaan CSR agar lebih adaptif dengan kondisi saat ini, yang tak hanya dilaksanakan di Bontang, tapi juga di berbagai wilayah lainnya di Indonesia,” paparnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved