Breaking News:

Smesco: Beli Produk Dalam Negeri Bantu UMKM Naik Kelas

Smesco mendorong pelaku koperasi dan UKM onboarding bisnisnya di ranah digital.

TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
Dirut Smesco Indonesia Leonard Theosabrata. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) atau Smesco Indonesia mendorong penjualan produk dalam negeri yang ditawarkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sparc Live Shopping pada 11-13 Maret 2021.

Setidaknya ada 44 UMKM dengan 185 jenis produk yang telah dikurasi.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengajak masyarakat membeli produk dalam negeri untuk membantu UMKM naik kelas.

"Ini jadi bagian dari effort Smesco untuk mendorong penjualan produk UMKM supaya jumlahnya makin besar, dan kita makin bangga produk Indonesia. Targetnya di 2021 UMKM bangkit dan naik kelas bisa tercapai," ujarnya dalam Konfrensi Pers Belanja Online Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Segera Cair Maret 2021, Simak Cara dan Syarat Cairkan Dananya

Leo menyebut, pihaknya tengah membentuk platform khusus penjualan produk Smesco yang diberi nama Sparc Trade, di mana Sparc Live Shopping ini menjadi bagian dari upaya menuju platform khusus dengan mencari bibit unggulan mitra UMKM nasional.

Baca juga: Fitur Geo-Tagging Kini Hadir di Halaman Kebutuhan Kelontong Tokopedia

"Sparc Trade ini kami orientasikan untuk meningkatkan ekspor, bagaimana produk UMKM champion dari Sparc Live Shopping ini kita bawa lebih besar lagi," ucapnya.

Smesco mendorong pelaku koperasi dan UKM onboarding bisnisnya di ranah digital.

Baca juga: Smesco dan Kimia Farma Pasarkan Produk Herbal UKM

Leo menuturkan Smesco bakal mengembangkan program Sparc Live Shopping tiap bulan atau secara berkala dengan tema produk yang berbeda-beda. 

Program ini juga berkolaborasi dengan platform Belanja.bio, GoJek dan Go Play.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada menambahkan, kerja sama dengan UMKM harus melalui tahap kurasi dengan kriteria yang ditetapkan oleh Smesco, baik yang telah memiliki izin, serifikasi serta standar kualitas.

"Kerja sama dengan UMKM kami juga bantu di sisi logistiknya, termasuk ongkos kirim, harga diberikan kepada kami. Mereka (UMKM) antusias, bahkan ada UMKM yang memberikan diskon 20-50 persen," katanya.

Agar menarik minat masyarakat, program belanja smart shopping ini memberikan diskon hingga 70 persen dan gratis ongkos kirim bagi shoppers.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved