Breaking News:

Peruri dan BPPT Teken Kerjasama Riset Penerapan Solusi Digital untuk Instansi Pemerintah

Peruri dan BPPT akan menerapkan solusi digital pada instansi Pemerintah dengan pemanfaatan bersama sumber daya yang saling mendukung.

dok. Peruri
nota kesepahaman kerjasama Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Bidang Solusi Digital pada Instansi Pemerintah. Penandatanganan MoU kerjasama pengkajian peneraman solusi digital di lembaga pemerintahan oleh Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri dan Hammam Riza, Kepala BPPT, Senin (8/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peruri bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meneken nota kesepahaman kerjasama Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Bidang Solusi Digital pada Instansi Pemerintah.

Penandatanganan MoU dilakukan di kantor BPPT oleh Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri dan Hammam Riza, Kepala (BPPT).

Lewat kerja sama ini, Peruri dan BPPT akan menerapkan solusi digital pada instansi Pemerintah dengan pemanfaatan bersama sumber daya yang saling mendukung.

Peruri dan BPPT merupakan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang memiliki kemampuan untuk menerbitkan digital certificate untuk segala jenis transaksi digital.

Kerja sama antara kedua instansi meliputi pengkajian, pengembangan dan penerapan teknologi di bidang digitalisasi end-to-end sehingga dapat mendukung transformasi digital dan penerapan solusi digital di lingkungan pemerintah.

Baca juga: BPPT Gandeng ITS dan Samudera Indonesia Bikin Riset Bersama Kapal Mini LNG

Kajian dilakukan secara bersama-sama sesuai kompetensi yang dimiliki serta mengkaji potensi untuk menghasilkan sebuah layanan terpadu dalam membantu program digitalisasi pada instansi pemerintah.

Baca juga: Diapresiasi Menteri BUMN dan Menlu Retno, Peruri Ekspor Uang Kertas Soles ke Peru

Kedua pihak memahami bahwa untuk dapat menghasilkan inovasi teknologi tidak dapat dilakukan tanpa adanya sinergi dengan pihak lain.

Salah satu tolok ukur keberhasilan penggunaan teknologi dan inovasi adalah dapat diimplementasikan dan mampu memberikan nilai tambah bagi penggunanya.

Baca juga: 5 Kelebihan Peruri Sign, Tanda Tangan Digital untuk Jamin Keaslian Dokumen

Sinergitas dan kolaborasi penting dilakukan guna mengakselerasi hilirisasi inovasi teknologi.

Pada 2019 Peruri mendapatkan SK pengakuan dari Kemkominfo Nomor 790 sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik sebagai cikal bakal layanan Digital Solutions Peruri.

Layanan ini terdiri dari tiga lini produk, yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust yang dapat menjamin kerahasiaan informasi, menjaga integritas data, memastikan otentikasi informasi serta jaminan nirsangkal.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved