Breaking News:

Manfaatkan 3 Potensi Ini, Indonesia Bisa Jadi Raksasa Ekonomi dan Keuangan Syariah

Bank Indonesia melihat ekonomi syariah nasional bisa menjadi sangat besar apabila memanfaatkan potensi-potensi yang ada saat ini.

Bank Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia melihat ekonomi syariah nasional bisa menjadi sangat besar apabila memanfaatkan potensi-potensi yang ada saat ini.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi mengatakan, setidaknya terdapat tiga potensi besar yang sudah terlihat jelas di depan mata.

Baca juga: Usai Badai Seroja, KKP Pantau Kondisi di Taman Nasional Perairan Laut Sawu

Faktor pertama adalah, Indonesia diuntungkan dengan adanya bonus demografi yang dimiliki.

"Faktor tersebut didukung populasi muslim di Indonesia sekitar 13 persen dari populasi muslim dunia," jelas Rosmaya dalam Webinar Bank Indonesia, (20/4/2021).

"Indonesia juga didukung dengan bonus demografi kaum milenial. Ini akan menjadi motor penggerak inovasi dan untuk kita pengembangan produk halal," tambahnya.

Kemudian faktor kedua adalah, lembaga keuangan syariah di Indonesia terbilang sudah banyak dan memadai.

Baca juga: Menguat Tipis, Rupiah Berada di Level Rp 14.519 per Dolar AS, Berikut Kurs di 5 Bank

Contohnya seperti perbankan syariah, unit usaha syariah, dan lembaga keuangan mikro syariah atau Baitul Maal wa Tamwil (BMT).

Sehingga hal tersebut dapat menjadi sumber pembiayaan bagi sektor industri halal.

"Indonesia memiliki lembaga keuangan syariah yang memadai. Saat ini mencatat ada 14 bank umum syariah, 20 unit usaha syariah, 4.500 lembaga keuangan mikro atau BMT," ucap Rosmaya.

Faktor potensi yang terakhir adalah, melihat industri halal nasional yang terus mengalami peningkatan. Produk industri halal ini seperti produk fashion, makanan halal, kosmetik dan lain sebagainya.

"Sebagai negara mayoritas muslim terbesar, ini semua adalah potensi bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan posisinya dalam industri halal dunia," pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data State of Global Islamic Economic tahun 2020, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved