Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Dirjen Hubdat: Kita Terapkan Penyekatan Berlapis untuk Pemudik Sepeda Motor

Budi menyatakan itu saat meninjau penerapan penyekatan arus mudik di Pos Penyekatan Tanjung Pura, Karawang

Tribunnews/Rizki Sandi Saputra
Penindakan pemudik sepeda motor dengan cara meminta memutar balik di Pos Penyekatan Tanjung Pura, Karawang, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - Direktur Jendral Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiadi mengatakan, pihaknya menerapkan penyekatan berlapis di jalur yang kerap dilewati para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Budi menyatakan itu saat meninjau penerapan penyekatan arus mudik di Pos Penyekatan Tanjung Pura, Karawang, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021).

Penerapan penyekatan secara berlapis itu dilakukan guna mencegah para pemudik yang lolos dari satu pos ke pos yang lain sehingga bagi masyarakat yang nekat mudik masih dapat diputar balikkan sebelum sampai ke daerah.

"Tapi mereka yang lolos di sini (Tanjung Pura) belum tentu mereka lolos terus ke daerah. Karena nanti ada di karawang kota ada lagi," katanya kepada awak media di Pos Penyekatan Tanjung Pura, Karawang, Kamis (6/5/2021).

"Memang berlapis-lapis, sampai subang ada lagi, purwakarta ada lagi, indramayu ada lagi," sambungnya.

Budi mengatakan, di setiap pos penyekatan tersebut pihak kepolisian dibantu Dinas Perhubungan (Dishub) akan memeriksa satu persatu dokumen atau surat yang dibawa oleh pengendara.

Jika ada pengendara yang tidak bisa menunjukkan surat izin tugas atau surat izin melakukan perjalanan jauh akan langsung diputar balikkan.

"Jadi kalau gak bawa surat keterangan apakah dari tempat kerja atau dr kepala desa akan kami putar balik," imbuhnya.

Baca juga: Berangkat Sejak 3 Mei, Pemudik dari Jakarta yang Hendak ke Aceh Disuruh Putar Balik di Asahan

Sebelumnya, Budi mengatakan, selama pelarangan mudik berlaku sejak Kamis (6/5/2021) dini hari kemarin, setidaknya sudah ada 34 travel gelap yang ditindak.

Halaman
123
Penulis: Rizki Aningtyas Tiara
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved