Breaking News:

Pelajar Indonesia Ditantang Jadi Wirausaha Sejak Belia Lewat Program International Trade Challenge

Kompetisi yang diselenggarakan dibulan April 2021 ini bertujuan membangkitkan semangat kewirausahaan dan kemampuan berbisnis anak muda Indonesia.

IST
Kompetisi International Trade Challenge. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menggelorakan semangat berwirausaha perlu dilakukan sejak dini ke kalangan anak muda Indonesia. Tujuannya, agar Indonesia memiliki lebih banyak entrepreneur baru yang tangguh, inovatif, juga kreatif.

Salah satu upaya ini dilakukan melalui kompetisi kewirausahaan seperti yang dilakukan FedEx Express dan Prestasi Junior Indonesia, lewat kompetisi International Trade Challenge.

Kompetisi yang diselenggarakan dibulan April 2021 ini bertujuan membangkitkan semangat kewirausahaan dan kemampuan berbisnis anak muda Indonesia.

Hal ini selaras dengan komitmen perusahaan untuk mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) dan membantu wirausahawan lokal untuk meraih peluang global dan memicu pertumbuhan bisnis mereka.

“FedEx merasa bangga dapat menyelenggarakan kompetisi ini di Indonesia untuk pertama kalinya. Selama 15 tahun berturut-turut, FedEx, bersama JA Worldwide, telah berhasil mendukung lebih dari 28.500 wirausahawan muda di Asia Pasifik.

Baca juga: Kadin Akan Gencarkan Pendidikan Vokasi untuk Hasilkan Lebih Banyak Wirausahawan Baru

Melalui kompetisi International Trade Challenge ini, Rhicke Jennings, Managing Director, Indonesia and Asia Pacific Agent-Served Countries FedEx Express mengaku telah menyaksikan langsung antusiasme dan potensi besar kaum muda sebagai generasi yang akan memimpin ekonomi global di masa depan.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Rasio Kewirausahaan Produktif Tembus Empat Persen Tahun Ini

"Kami berharap program ini dapat mendukung perjalanan para bakat-bakat muda dalam meraih sukses dan menimba ilmu sekaligus pengalaman, dan pada akhirnya bisa berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara,” ujar Rhicke Jennings, Sabtu (8/5/2021).

Sebanyak 150 siswa kelas 7 hingga 11 dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam workshop.

Kompetisi FedEx/PJI ITC akan diadakan dalam tiga tahap dan meliputi dua workshop virtual di bulan April.

Kedua workshop meliputi sesi pembelajaran interaktif, diskusi inspiratif, dan bimbingan dari FedEx, PJI dan para pembicara yang akan membahas konsep utama dari logistik, finansial, dan perdagangan global.

Puncak acara atau babak final regional dari kompetisi ini adalah penilaian inovasi dan penerapan Market Entry Strategy Plan (MESP) dari para peserta terkait.

Baca juga: Tim Indonesia Menang di Ajang Kompetisi Wirausaha Global Young Social Entrepreneurs SIF

Tiga tim unggul dengan ide terbaik akan mewakili Indonesia pada final regional, dimana mereka akan bersaing dengan siswa lainnya dari wilayah Asia Pasifik.

Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia mengatakan,  kompetisi FedEx International Trade Challenge merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kaum muda Indonesia untuk terlibat aktif dalam kegiatan yang menekankan pentingnya interkoneksi dalam ekonomi global.

"Hal ini akan mendukung aspirasi kaum muda untuk berpartisipasi dalam peluang ekonomi yang membangun hubungan positif lintas batas," ujarnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan FedEx dalam memperluas wawasan anak muda Indonesia dan mempersiapkan mereka untuk sukses di masa depan.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved