Breaking News:

Sri Mulyani Ungkap Peran Perempuan Mencakup 53,7 Persen UMKM

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, dalam ajaran agama Islam, perempuan mendapatkan tempat yang sangat mulia.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, dalam ajaran agama Islam, perempuan mendapatkan tempat yang sangat mulia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, peranan perempuan menjadi sangat penting untuk melahirkan dan mengasuh generasi masa depan.

Sikap, ucapan, dan pendidikan perempuan akan sangat menentukan bagaimana kualitas lingkungan kehidupan dan kualitas kemanusiaan dari generasi yang akan datang.

Karena itu, mereka yang bekerja di usaha kecil menengah diberikan permodalan atau bantuan sosial produktif dan juga untuk memberikan subsidi agar beban pinjamannya menjadi lebih ringan.

Baca juga: Komnas Perempuan Minta Akses BKN Baca Langsung Daftar Pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

Dia mengungkapkan, 53,7 persen UMKM ini dimiliki perempuan, sehingga program pemerintah tujuannya juga untuk meringankan beban kaum hawa.

Selanjutnya, 97 persen karyawannya adalah perempuan juga dan ini berarti akan secara langsung tidak langsung akan memberikan manfaat kepada mereka.

“Perempuan bisa membangun dan menciptakan perubahan peradaban baru dan jelas perempuan memiliki peran sebagai tulang punggung perekonomian keluarga juga. Lalu, dalam menciptakan daya tahan keuangan dan keluarga,” ujarnya dalam tausiyah kebangsaan dengan tema "Peran Perempuan dalam Mengisi dan Memajukan Bangsa di Tengah Wabah" secara daring, mengutip laman kemenkeu.go.id, Senin (10/5/2021).

Baca juga: UMKM Perlu Go Digital Agar Bisnisnya Adaptif di Masa Pandemi

Namun, lanjut Sri Mulyani, tantangan perempuan di masa pandemi Covid-19 bukanlah hal mudah karena ada masalah kesehatan yang dampaknya luar biasa ke masalah sosial.

Di mana kedua bidang tersebut 70 persen tenaga kerjanya adalah perempuan serta dampaknya pada sektor ekonomi terutama pada usaha kecil menengah yang mayoritas pelaku usahanya juga perempuan.

Baca juga: Pedagang UMKM Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta, Cek Bantuan Melalui Banpresbpum.id atau Eform.bri.co.id

“Kemudian, Covid-19 ini menyebabkan orang harus ada di dalam rumah, sekali lagi di dalam suasana rumah kembali beban perempuan biasanya menjadi lebih besar. Jadi, ini memang sesuatu yang kemudian memberikan dimensi perempuan menghadapi akibat atau implikasi yang lebih berat,” pungkas Sri Mulyani.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved