Breaking News:

Airlangga Optimistis Ekonomi Indonesia Kembali Bangkit

Hal itu terlihat dari beberapa indikator yang menunjukkan perbaikan, seperti PMI Manufaktur yang berada di level ekspansi 54,6.

Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Imanuel Nicolas Manafe/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku optimis perekonomian Indonesia kembali bangkit.

Keoptimisannya tersebut berdasarkan dukungan masyarakat terhadap upaya pemerintah menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini memastikan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik.

Alhamdulillah, penanganan pandemi (semakin) menuju arah positif. Tren harian kasus baru secara nasional terus menurun. Presentasi kasus aktif kesembuhan juga semakin membaik bila dibandingkan capaian global,” kata Airlangga saat menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Jakarta Periode 2020-2024 serta Webinar Kebangkitan Nasional dan Peran Alumni UIN, Sabtu (22/5/2021).

Airlangga menjelaskan, pencapaian tersebut membuat ekonomi Indonesia bisa kembali bangkit, dengan pertumbuhan antara 4,5 sampai 5,3 persen.

Proyeksi tersebut, lelaki kelahiran Surabaya, Jawa Timur, itu melanjutkan, terlihat dari beberapa indikator yang menunjukkan perbaikan, seperti PMI Manufaktur yang berada di level ekspansi 54,6.

Selain itu, ada juga indeks keyakinan konsumen yang mendekati 100 persen, penjualan ritel dan kendaraan bermotor yang terus meningkat, serta neraca perdagangan yang surplus seiring harga komoditas yang terus meningkat.

“Indikator-indikator ini menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit. Untuk menjaga momentum perbaikan ini, dalam jangka pendek pemerintah fokus tetap menjaga strategi keseimbangan gas dan rem, kebijakan ekonomi dan penanganan pandemi Covid-19 guna mempercepat pemulihan nasional,” kata Airlangga.

Menurut Airlangga, untuk menjaga pemulihan dan penanganan Covid-19, pemerintah memerlukan kerja sama dari seluruh pihak, terutama masyarakat dan akademisi, guna memastikan seluruh kebijakan yang strategi yang diambil pemerintah bisa berjalan optimal.

Karenanya, sumber daya manusia yang unggul dinilai menjadi kunci untuk mencapai visi Indonesia Emas.

“Peran pendidikan tinggi sebagai pusat peningkatan kualitas sumber daya manusia sangatlah penting. Di sinilah fungsi dari UIN jakarta dan IKALUIN sebagai sebuah komunitas intelektual yang bisa selalu memberikan sumbangsih untuk menyiapkan (SDM) profesional, terutama mendukung dan mendorong kemajuan ekonomi nasional,” imbau Airlangga.

Seperti diketahui, pengurus IKALUIN Jakarta Periode 2020-2024 diketuai oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily.

Pelantikan dan webinar tak hanya dilakukan melalui virtual, juga berlangsung di Auditorium UIN Jakarta.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved