Breaking News:

Balai Latihan Kerja Komunitas Kini Punya 23 Kejuruan

Kehadiran BLK Komunitas dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas, pekerja.

dok. Kemnaker
Menaker Ida Fauziyah 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, TASIKMALAYA - Kementerian Ketenagakerjaan Kemnaker baru saja meresmikan 1.014 BLK Komunitas di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (8/6/2021).

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan, Kemnaker juga telah mengembangkan program pelatihan vokasi di BLK Komunitas menjadi 23 kejuruan.

Ida mengatakan, kehadiran BLK Komunitas diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas, pekerja, dan masyarakat.

Pihaknya telah mengalokasikan program dan anggaran untuk bantuan biaya operasional, serta bantuan program paket pelatihan vokasi. 

"Kemnaker juga  menyiapkan program untuk melatih tenaga instruktur dan pengelola BLK Komunitas, agar mereka mampu mengelola BLK Komunitas dengan baik, " kata Menaker Ida dalam sambutannya.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Resmikan 1.014 BLK Komunitas di Tasikmalaya

Ke23 kejuruan tersebut adalah kejuruan Teknik Otomotif; Teknik Pendingin (Refrigerasi); Teknik Las (Welding); Teknik Konstruksi  Furniture dan Kriya Kayu (Woodworking); Teknik Perkapalan; Instalasi Infrastruktur Telekomunikasi; Elektronika; Teknik Informatika; Robotika; Multimedia; Desain Komunikasi Visual; Pengolahan Hasil Pertanian (Agroindustri).

Baca juga: Menaker Ida Wajibkan BLK Komunitas Bersinergi dengan Dunia Industri

Kemudian, Pengolahan Hasil Perikanan (Fishery Industry); Kesenian; Seni Kriya (Kerajinan Tangan); Teknik Batik; Desain Mode dan Tekstil (Tata Busana); Tata Rias; Bahasa; Perhotelan; Kesehatan Tradisional; Seni Kuliner; dan Hubungan Industrial. 

Ida mengatakan dibutuhkan kolaborasi dan partisipasi sebanyak mungkin dari berbagai pihak agar BLK yang telah terbangun dapat berperan maksimal dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.

Sejak tahun lalu, pihaknya di Kemnaker menggandeng berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam pengembangan dan pendampingan BLK komunitas, baik industri, perbankan, perguruan tinggi dan NGO. 

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved