Breaking News:

Jokowi: LRT Jabodebek akan Uji Coba April 2022

Presiden mengatakan bahwa progres pembangunan moda transportasi massal tersebut sudah 84,7 persen.

Tribunnews/Jeprima
Sejumlah kereta Light Rail Transit (LRT) terlihat berada di Depo Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (24/3/2021). Pengoperasian LRT fase satu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) ditargetkan dimulai pada Juli 2022 dengan 18 stasiun pemberhentian. Adapun pengoperasiannya akan dilakukan secara otomatis tanpa masinis dengan sistem persinyalan CBTC grade of automation level 3. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Presiden Joko (Jokowi) meninjau pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi), Rabu, (9/6/2021).

Usai berkeliling di lokasi pembangunan, Presiden mengatakan bahwa progres pembangunan moda transportasi massal tersebut sudah 84,7 persen.

Baca juga: Penumpang Terlempar dan Ratusan Orang Terluka dalam Tabrakan Dua  LRT

"Kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai uji coba dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan alasan pemerintah membangun LRT. Pemerintah kata Jokowi ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi.

Baca juga: Pembangunan LRT Jabodebek Tahap 1 Capai 84,6 Persen, Ditargetkan Beroperasi Tahun Depan

"MRT, LRT, kereta bandara, bus TransJakarta semuanya terintegrasi. Sehingga terjadi efisiensi dalam orang bepergian dari satu titik ke titik yang lain," katanya.

Jokowi berharap setelah rampungnya LRT Jabodebek, akan dibangun moda transportasi serupa di titik lainnya. Pengerjaan dilakukan oleh perusahaan di Indonesia.

Baca juga: Empat Proyek Properti LRT City Ini Berlakukan DP Nol Persen, Berikut Rinciannya

"Tadi saya sudah mencoba LRT yang ini 100 persen dikerjakan oleh PT INKA yang nanti akan dioperasikan oleh PT KAI. Jadi semuanya dikerjakan di Indonesia, termasuk juga pembangunan konstruksinya oleh PT Adhi Karya," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved