Breaking News:

Bos Blibli Sebut Kolaborasi Multisektoral UMKM Diperlukan untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

77 persen responden UMKM mempekerjakan orang-orang dari komunitas mereka dan satu UMKM dapat memunculkan hingga 5 kesempatan di lapangan kerja

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Eko Sutriyanto
Blibli
CEO & Co-founder Blibli Kusumo Martanto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kolaborasi multisektoral dinilai merupakan salah satu upaya yang penting untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Chief Executive Officer (CEO) e-commerce Blibli, Kusumo Martanto mengatakan, apabila kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik, maka Indonesia dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi serta mencapai pertumbuhan ekonomi inklusif.

Hal tersebut didukung oleh hasil temuan riset ‘Digitalisasi UMKM - Kunci Pertumbuhan Inklusif Perekonomian Indonesia’ yang baru diluncurkan oleh Blibli bersama Harian Kompas dan Boston Consulting Group (BCG).

Riset tersebut mempelajari perkembangan mitra UMKM Blibli untuk mendapatkan potret terkini dari sektor UMKM, termasuk aneka tantangan yang dihadapi UMKM serta kesempatan yang dihadirkan oleh teknologi digital, terutama e-commerce.

Kusumo kembali mengatakan, Blibli sebagai e-commerce lokal yang mendukung lebih dari 130 ribu UMKM, telah menyaksikan bagaimana setiap UMKM telah menciptakan value chain yang berharga bagi ekonomi.

Di hulu, UMKM menyerap hasil produksi para penyedia bahan mentah. Kemudian, UMKM membuka lapangan kerja bagi komunitas sekitar saat proses pembuatan produk dan pengoperasian bisnis.

Baca juga: Blibli Ajak Masyarakat Belanja Jajanan dan Produk Lokal di Momen HUT RI ke-76

Lalu di hilir, mereka memunculkan kesempatan usaha baru bagi distributor dan pedagang eceran yang membawa produk UMKM ke pasar-pasar di seluruh Indonesia.

Riset menunjukkan bahwa 77 persen dari responden UMKM mempekerjakan orang-orang dari komunitas mereka, di mana satu UMKM dapat memunculkan hingga 5 kesempatan di lapangan kerja setempat.

“Temuan tersebut menekankan peran penting yang dimainkan UMKM bagi ekonomi Indonesia yang inklusif. Maka itu, sangatlah tepat bagi semua sektor untuk berkolaborasi untuk menjaga keberlangsungan UMKM terutama di tengah pandemic,” ujar Kusumo dalam webinar Kobarkan Semangat UMKM Indonesia Bangkit bersama Kompas, Kamis (26/8/2021).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved