Breaking News:

PPKM Level 4 Membuat Para Pelaku UMKM Tertekan

Sandiaga Uno mengatakan, dampak dari PPKM level 4 ini membuat bisnis pelaku UMKM khususnya kuliner tidak dapat berkegiatan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Youtube Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) disebut merasa tertekan akibat adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 khususnya di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, dampak dari PPKM level 4 ini membuat bisnis pelaku UMKM khususnya kuliner tidak dapat berkegiatan.

"Saya baru saja dari Setu Babakan, dan disana banyak bisnis kuliner asli betawi yang mengaku sulit untuk berkegiatan akibat PPKM level 4," ucap Sandiaga Uno, Jumat (9/3/2021).

Baca juga: Sandiaga: Agar Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM Perlu Memanfaatkan Teknologi

Meski begitu, Sandiaga Uno menyebutkan, bahwa para pelaku UMKM ini tentu dapat berkegiatan kembali dengan syarat menjaga protokol kesehatan yang ketat.

"Apabila protokol kesehatan ini dipatuhi, dan angka Covid-19 dapat ditanggulangi tentunya para pelaku UMKM dapat kembali melakukan kegiatan di tengah pandemi," ujar Sandiaga Uno.

Menurutnya, protokol kesehatan dan vaksin menjadi kunci bagi para pelaku UMKM dan juga masyarakat dalam mengatasi pandemi sehingga dapat melakukan kegiatan kembali.

Sebelumnya Sandiaga Uno juga menilai, bahwa masyarakat sangat trauma dengan kebijakan PPKM level 4 pada bulan lalu.

Baca juga: Saat Sandiaga Uno Ikut Serbuan Vaksinasi Covid-19 Maritim TNI AL

Ia mengatakan, meski saat ini PPKM sejumlah wilayah seperti di Jawa dan Bali sudah turun menjadi level 4 tentu protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

"Transisi protokol kesehatan tentunya harus tetap dilakukan dengan ketat. Masyarakat sangat trauma dengan PPKM level 4, maka dari itu kita harus menjaga agar hal tersebut tidak terulang dengan disiplin protokol kesehatan," ucap Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (30/8/2021).

Maka dari itu, lanjut Sandiaga Uno, pihaknya meminta masyarakat agar taat menerapkan protokol kesehatan meski saat ini PPKM di beberapa wilayah sudah turun level.

"Jangan sampai kita terlena dengan turunnya level PPKM di beberapa wilayah, kita jangan sampai euforia yang memicu abai terhadap protokol kesehatan," kata Sandiaga Uno.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved