Breaking News:

Sektor UMKM Didorong Makin Cakap Teknologi Digital

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memainkan peran besar dalam perekonomian negara.

Tivix
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memainkan peran besar dalam perekonomian negara.

Seiring pandemi Covid-19, transformasi digital menjadi lebih cepat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A Pangerapan mendorong pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga: Satgas Covid-19: Tranformasi Digital Sektor Kesehatan Utamakan Keamanan Data Masyarakat

Menurutnya, pelanggan atau calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa UMKM dapat dengan mudah menemukannya di internet dan market place.

“Transformasi teknologi sangat penting dilakukan agar produk UMKM memiliki daya saing dan pasar yang lebih luas,” urainya dalam keterangan, Jumat (3/9/2021).

Namun sayangnya baru sekitar 11 juta UMKM yang memasuki digitalisasi atau hanya sebesar 16 persen dari total sekitar 60 juta UMKM.

Baca juga: Trimegah dan BCA Garap Nasabah Mobile Banking Pemburu Diskon Digital

Diharapkan teknologi digital dengan jangkauan UMKM lebih luas dan biaya lebih murah bisa membawa UMKM naik kelas dan kembali pulih dari dampak pandemi.

Kemenkominfo menggandeng platform pemasaran digital satu pintu Infina yang banyak membantu UMKM melakukan transformasi dari offline ke online.

Kolaborasi ini menjadi solusi untuk membuat ekonomi UMKM segera pulih dengan memberikan pelatihan 8 kelas daring gratis disertai Sertifikat Resmi dari Kominfo.

“Program ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian untuk mewujudkan agenda transformasi digital yaitu menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting didalamnya,” tuturnya.

Baca juga: Arcstone Kenalkan Peta Jalan Manufaktur Digital untuk Industri 4.0 di Indonesia

“Sebagai tingkat yang paling dasar, kemampuan literasi digital merupakan kemampuan yang paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini,” sambung Semuel.

CEO Infina Oktora Irahadi menuturkan pihaknya percaya bahwa dengan bergandengan tangan akan semakin kuat dalam memajukan UMKM Indonesia.

"Deretan para ahli di bidangnya akan memberikan tips & trik yang praktikal kepada peserta untuk memanfaatkan platform digital dalam menjalankan bisnisnya dan segera mendapat hasil, dan tentunya mengajak pelaku UMKM untuk makin mahir dalam literasi dan kecakapan digital," ujar Oktora.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved