Breaking News:

Virus Corona

Marwan Jafar Minta BUMN Lebih Serius Bantu Pelaku UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Ada tiga hal yang sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk melakukan recovery, yaitu kemudahan perizinan, akses permodalan dan asuransi.

Shutterstock
Ilustrasi UMKM. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI F-PKB Marwan Jafar meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk lebih serius membantu para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMK) selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Pasalnya, Marwan menilai sektor UMKM merupakan jantung ekonomi masyarakat yang paling terdampak pandemi Covid-19.

"Mulai dari penurunan keuntungan pelaku UMKM hingga ketidakpastian potensi risiko yang dihadapi, mereka sangat membutuhkan perhatian yang serius dari pemerintah untuk melakukan kemampuan recovery," kata Marwan kepada wartawan, Minggu (19/9/2021).

Hal tersebut dikatakan Marwan di hadapan sejumlah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang asuransi, antara lain Jamkrindo, Askrindo, Jasindo dan Jasa Raharja. Selain itu, ada juga para pelaku UMKM asal Blora, Jawa Tengah.

Marwan merinci ada tiga hal yang sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk melakukan recovery, yaitu kemudahan perizinan, akses permodalan dan asuransi.

"Diharapkan pemerintah melalui BUMN terkait bisa membantu kebutuhan tersebut dengan maksimal," kata Legislator PKB itu.

Baca juga: DPR Dorong Peningkatan Daya Saing UMKM

Di hadapan para pelaku UMKM Blora, Marwan menyampaikan potensi besar Blora untuk memaksimalkan UMKM sektor MIGAS karena di sana ada Blok Cepu.

"Saya sekali lagi minta BUMN untuk serius membantu mempermudah akses permodalan, perizinan dan jaminan asuransi untuk temen-temen pelaku UMKM di Blora," tandasnya.

Diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia masuk ke dalam sistem digital pada 2023.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved