Breaking News:

Kembangkan Usaha, Menko Perekonomian Minta Pelaku UMKM Manfaatkan KUR Bunga 3 Persen

Meski banyak program pemerintah untuk pemberdayaan UMKM, Yuhan merasa gerakan yang berasal dari masyarakat juga diperlukan

Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan program pemerintah dalam mengembangkan usahanya, seperti kredit usaha rakyat (KUR).

"Pemerintah punya berbagai program untuk UMKM, seperti KUR dengan bunga hanya 3 persen, yang bisa dimanfaatkan untuk UMKM mengembangkan usaha," kata Airlangga saat berdialog langsung dengan beberapa pelaku usaha mikro yang tergabung Komunitas UMKM usAHA di Jayengan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021).

Saat meninjau UMKM di Solo, Airlangga mendengarkan kebutuhan yang diperlakukan para pelaku usaha dalam situasi pandemi Covid-19.

"Banyak testimoni mengatakan hampir sama di berbagai daerah, termasuk di Solo, akibat pandemi Covid-19, pendapatan turun sampai 50 persen. Sekarang dengan situasi yang lebih terkendali, mudah-mudahan mereka bisa menjadi bangkit kembali," tutur Airlangga. 

Dialog Airlangga dengan pelaku UMKM, hadir enam perwakilan Komunitas UMKM usAHA. 

Baca juga: OJK Minta Perbankan Dampingi dan Bina UMKM Setelah Diberikan KUR

Koordinator UMKM usAHA Kota Solo, Yuhan Perdana mengatakan, di Kota Solo sudah ada 255 pelaku UMKM yang bergabung, di mana wilayah Jawa Tengaj dan DIY sebanyak 2.080 UMKM, dan jumlah seluruhnya secara nasional mencapai 11.325 UMKM. 

Yuhan menerangkan, jumlah anggota komunitas tersebut merupakan UMKM yang sudah mengikuti program pelatihan WirausAHA Maju. 

"Karena kami pedagang-pedagang kecil ini kalau ora obah ora mamah pak, tidak gerak ya tidak makan. Jadi pandemi ini memang berdampak pada usaha kami, tapi kami tidak diam tetap bergerak dan saling bantu walau harus adaptasi dengan pembatasan-pembatasan," ujar Yuhan.

Meski banyak program pemerintah untuk pemberdayaan UMKM, Yuhan merasa gerakan yang berasal dari masyarakat juga diperlukan.

Ia berharap komunitasnya bisa diberi informasi dan dibimbing oleh Airlangga agar lebih banyak UMKM yang dapat mengakses berbagai program yang digulirkan pemerintah. 

"Karena ada yang baru dengar-dengar saja, tapi tidak tahu cara dan syarat untuk mendapatkannya," ucap Yuhan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved