Breaking News:

Pembukaan Bali untuk Wisatawan Mancanegara Masuk Tahap Finalisasi

Pemerintah tengah memasuki tahap finalisasi pembukaan sektor pariwisata di Bali untuk wisatawan mancanegara.

Tribun Bali/Ida Ayu Made
Pantai Pandawa, Bali, terlihat indah dengan pemandangan pasir putih dan birunya air laut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah tengah memasuki tahap finalisasi pembukaan sektor pariwisata di Bali untuk wisatawan mancanegara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menerangkan angka positif Covid-19 semakin menurun. Artinya, menunjukkan tren pengendalian yang baik.

"Oleh karena itu pembukaan Bali akan kita finalisasikan dan diangkat ke rakor antar menteri Minggu ini," ucap Sandiaga saat Weekly Press Briefing di kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Hasil rapat koordinasi, ucap Sandi, akan menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan uji coba pada Oktober mendatang. Semua uji coba dilakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan.

Dengan menggunakan konsep gas dan rem. Ketika kasus positif Covid-19 melandai maka akan dibuka, sedangkan saat naik maka akan ditutup kembali. Adaptasi kebijakan akan berbasis data.

"Pantauan langsung kami di lokasi di berbagai tempat seperti Nusa Dua, Sanur, Gianyar aidah baik. Target membuka Bali kembali di bulan Oktober bisa kita wujudkan dalam konsep uji coba," tutur Sandiaga.

Baca juga: Hancur oleh Pandemi, Bali Kini Cari Sumber Ekonomi Kreatif Lain di Luar Pariwisata

Dari hasil kunjungan ke Bali selama Jumat dan Sabtu, 24-25 September 2021, Sandiaga Uno menilai industri pariwisata di Bali semakin baik. Masyarakat juga kian patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ditambah kasus Covid-19 di Bali sudah terkendali.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved