Breaking News:

AP II Integrasikan Data Penumpang dengan Digitalisasi Mulai 30 September 2021

Percepat kedatangan internasional, AP II integrasikan data penumpang lewat digitalisasi mulai 30 September 2021.

TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mulai 30 September 2021, maskapai Indonesia dan asing yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta wajib menyerahkan data rencana kedatangan pesawat dan jumlah penumpang dari bandara asal penerbangan internasional.

Data rencana kedatangan ini, harus diserahkan Ketua Komite Fasilitas Bandar Udara, Komandan Satgas Udara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta.

Aturan ini tercantum dalam surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU.006/2/7/DRJU.DAU-2021, yang mulai berlaku 30 September 2021.

Baca juga: Garuda Indonesia Sabet 7 Penghargaan Dalam Ajang Skytrax World Airline Awards 2021

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya tentu sangat mendukung pemberlakuan kebijakan tersebut.

"Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura II, maskapai, KKP Kemenkes dan seluruh stakeholder selalu berupaya meningkatkan standar dalam setiap aspek untuk menerapkan kebijakan penanganan kasus Covid-19," ucap Awaluddin, Jumat (1/10/2021).

Ia juga menyebutkan, bahwa pihaknya menyambut baik adanya integrasi data penumpang sehingga stakeholder Bandara Soekarno-Hatta dapat melakukan berbagai persiapan dengan baik dan akurat untuk memastikan prosedur kedatangan internasional dapat berjalan semakin baik lagi.

Baca juga: Politisi PKB Apresiasi Pelaksanaan Prokes di Lokasi Kedatangan International Bandara Soekarno Hatta

Untuk mendukung kebijakan tersebut, lanjut Awaluddin, Angkasa Pura II telah menyiapkan infrastruktur teknologi informasi guna memudahkan pelaporan atau integrasi data penumpang pesawat.

"Angkasa Pura II menyiapkan aplikasi Health Protocol Readiness (HORE) untuk digunakan maskapai dan stakeholder Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin.

Menurutnya, aplikasi ini mempermudah pelaporan atau integrasi data penumpang pesawat internasional yang akan tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, sesuai yang diamanatkan di dalam surat Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Di bandara keberangkatan, maskapai dapat mengisi data-data penumpang ke aplikasi HORE.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved