Breaking News:

Mengajukan Pinjaman KUR Semakin Mudah, Kini Bisa Lakukan Secara Online

Program KUR ditujukan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil

Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Mengajukan Pinjaman KUR Semakin Mudah, Bisa Lakukan Secara Online 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kini cara mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Mandiri, BRI dan BNI tahun 2021 semakin mudah. Kini Anda dapat mengajukan pinjaman KUR dengan layanan online.

Program KUR adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Program KUR ditujukan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Dana pinjaman KUR yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

Pembiayaan yang disalurkan bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan penyalur KUR. Lantas, bagaimana syarat dan cara mengajukan KUR di Bank Mandiri, BRI, dan BNI?

Baca juga: PNM Beri Pendampingan ke Nasabah Lewat Program Pengembangan Kapasitas Usaha

Cara dan syarat mengajukan KUR BRI tahun 2021

Fasilitas KUR BRI ini memiliki jangka waktu pinjaman yang fleksibel yakni antara 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Fasilitas KUR BRI ini juga bebas biaya administrasi dan provisi. Selain itu, suku bunga yang diterapkan BRI KUR cukup ringan yakni 6 persen per tahun.

Syarat mengajukan KUR BRI

  • Individu (perorangan)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

    Baca juga: Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 95,13 Triliun untuk Subsidi Bunga KUR

Cara Mengajukan KUR BRI Secara Online

  • Buka laman kur.bri.co.id
  • Pilih "Ajukan Pinjaman"
  • Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih " Daftar"
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"
  • Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.

Cara dan syarat mengajukan KUR BNI

Halaman
123
Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved