Breaking News:

Perkuat Digitalisasi di Sektor Maritim, INSA Menggelar Ajang VEMI 2021

INSA menggelar Virtual Expo Maritime Indonesia (VEMI) 2021 dengan tema Digitalisasi, Teknologi dan Inovasi di Sektor Maritim.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Indonesian National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesian National Shipowners Association (INSA) menggelar Virtual Expo Maritime Indonesia (VEMI) 2021 dengan tema Digitalisasi, Teknologi dan Inovasi di Sektor Maritim.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, acara ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan gambaran dari pemerintah dan seluruh stakeholder mengenai kebijakan, serta upaya meningkatkan peran digitalisasi untuk penguatan maritim.

Baca juga: Digitalisasi Perbankan Lewat Startup Tampakkan Hasil Positif

"VEMI 2021 ini, merupakan ajang kolaborasi INSA dengan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan dan Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia dalam menerapkan digitalisasi," kata Carmelita, Kamis (28/10/2021).

Ia juga menjelaskan, selama pandemi Covid-19 ini INSA tidak menggelar pameran padahal sebelum masa pandemi INSA secara rutin menggelar pameran.

"Karena itu, INSA saat ini mencari sebuah terobosan dengan menggelar pameran secara virtual di masa pandemi," ujar Carmelita.

Baca juga: Wamenparekraf: Pelaku Pariwisata Perlu Adaptasi Lihat Peluang Digitalisasi

Pameran yang digelar ini, lanjut Carmelita, dilakukan secara virtual dan mungkin ini menjadi pameran maritim pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara virtual

Indonesia yang menjadi negara maritim, menurut Carmelita, tentunya harus menjadi ujung tombak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Maka dari itu diperlukkan sinergi pada industri maritim perlu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mendorong peningkatan potensi maritim yang ada seperti transportasi laut, pelabuhan, industri galangan kapal," kata Carmelita.

Lebih lanjut Carmelita juga mengungkapkan, gelaran acara ini juga sebagai bentuk upaya dalam menghadapi persaingan global di sektor industri maritim.

"Kemudian diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi di sektor maritim," ujar Carmelita.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved