Breaking News:

Begini Cara Anak Muda Ajak Bangkitkan Produk Lokal Lewat Media Sosial

Kegiatan ini diikuti ratusan pemuda yang berasal dari 18 provinsi ini tampil menghibur untuk mempromosikan produk lokal UMKM

Tangkap Layar/HO
Kegiatan penutupan acara Wirakarya Local Heroes Festival 2021, Kamis (28/10/2021). 

Choirul Arifin/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah anak muda Tanah Air beramai-ramai larut dalam kegiatan kampanye bersama di media sosial untuk  membangkitkan produk-produk lokal UMKM Tanah Air.

Mereka adalah para peserta lomba live selling, video advertising dan empowerment action di acara Wirakarya Local Heroes Festival 2021 yang dimulai sejak bulan Agustus hingga puncak acaranya bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021 pada 28 Oktober lalu.

Kegiatan ini diikuti ratusan pemuda yang berasal dari 18 provinsi ini tampil menghibur untuk mempromosikan produk lokal UMKM melalui halaman media sosial selama 1 bulan dan dilakukan secara serentak selanjutnya pada fase final yang diselenggarakan pada 26-27 Oktober 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Bahas UMKM di KTT G20 Roma

Kompetisi ini menyuguhkan penampilan peserta live selling yang disiarkan secara langsung melalui daring untuk mempromosikan produk-produk lokal unggulan setiap provinsi.

Dalam final dan penobatan duta sahabat UMKM, peserta dari Maluku tampil sebagai pemenang lomba live selling.

Sedangkan untuk kategori empowerment action pemenangnya diraih oleh Yogyakarta melalui program pemberdayaan UMKM bagi penyandang disabilitas dengan nama program Ayo Bermimpi.

Cerita pemberdayaan yang ditulis melalui website ini mampu menginspirasi anak muda lainnya untuk bergerak untuk membantu pelaku UMKM di sekitarnya.

Baca juga: B2B e-Commerce Bhinneka Kenalkan Mini Marketplace untuk UMKM

Sedangkan untuk lomba video advertising terbagi menjadi kategori dimana Sulawesi Selatan tampil menjadi yang terbaik untuk kategori produk makanan.

Peserta dari Jawa Tengah tampil sebagai pemenang kategori minuman, dan kategori busana dimenangkan oleh Nusa Tenggara Barat.

Untuk kategori kerajinan berhasil diraih Sulawesi Tengah dan untuk kategori jamu tradisional Riau mampu tampil sebagai pemenangnya.

Dalam acara puncak yang diselenggarakan secara virtual, Yudho Giri Sucahyo, Ketua Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) menyatakan sangat mengapresiasi penampilan dari semua peserta.

Dia menilai mereka sukses tampil dengan totalitas untuk memperkenalkan potensi UMKM di daerahnya.

Yudho berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum kebangkitan para pemuda Indonesia untuk menjadi pahlawan lokal didaerahnya yang dapat meningkatkan perekonomian kerakyatan dengan lebih kreatif dengan memanfaatkan kemudahan teknologi.

Menurutnya, kegiatan ini akan diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya dan berharap semakin mendapat respon positif dari masyarakat luas.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved