Putri Habibie Hadirkan MoikaFood dari Cimahi Saat Edisi Perdana Panggung UMKM

Produk di bawah merek MoikaFood, sudah bisa dinikmati oleh tidak hanya masyarakat Indonesia namun juga di luar negeri

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
ist
Ugi Sasmita, pendiri dan CEO dari brand Baso Aci hits asal Cimahi, MoikaFood 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produk di bawah merek MoikaFood, sudah bisa dinikmati oleh tidak hanya masyarakat Indonesia namun juga di luar negeri mulai dari Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Australia, hingga Amerika Serikat.

MoikaFood adalah usaha rumahan asal Cimahi, Jawa Barat, yang menawarkan makanan beku (frozen food) berbahan dasar aci seperti baso aci, cireng (aci goreng), basreng, dan menu-menu lainnya.

Adalah Sugiharti Sasmita atau Ugi Sasmita menjadi sosok di balik MoikaFood.

Baca juga: Anggota DPR Apresiasi BKPM Permudah Izin Koperasi dan UKM

Pendiri dan CEO dari brand Baso Aci hits asal Cimahi ini, MoikaFood ini mengatakan, bisnis yang dikembangkan berawal dari menu yang ia sajikan di rumah saat tiba-tiba kedatangan tamu.

Ugi, panggilan akrab Sugiharti Sasmita akhirnya terinspirasi membuat Baso Aci—yang kini menjadi produk best seller di MoikaFood.

Pada tahun 2019, MoikaFood terpilih sebagai UMKM Binaan Berpotensi dalam ajang Shopee Award.

Kemudian pada 2020, MoikaFood meraih penghargaan sebagai UMKM terbaik versi Shopee, Berkarya untuk Bangsa.

Baca juga: BI-Fast Buat Transaksi Lebih Cepat dan Murah, BI: Dalam 25 Detik Langsung Masuk Duitnya

Followers akun Instagram MoikaFood telah mencapai 90.000 pengikut pada tahun 2021 ini, selain itu akun Shopee-nya juga memiliki 10.000 pengikut.

Kisah sukses MoikaFood diangkat  Socialpreneur dan passionate homecook, Putri Habibie dalam program edukasi bagi perempuan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui episode perdana “Panggung UMKM” yang disiarkan di Youtube Live.

Dalam diskusinya bersama Putri di episode pertama Panggung UMKM, Ugi memaparkan empat poin penting yang wajib diperhatikan bagi mereka yang baru akan memulai bisnis kuliner.

"Pertama adalah  perizinan untuk usaha dan untuk produk makanan, pengurusan sertifikasi halal, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk merek produk, serta pengemasan produk," katanya.

Ajak Wanita Pengusaha Saling Support 

Segmen Panggung UMKM merupakan aktivitas pembuka dari rangkaian program yang akan dilaksanakan Putri usai tahun lalu meluncurkan eBook gratis berisikan ratusan resep dari 83 ibu Indonesia.

Baca juga: Telkom Indonesia Raih Penghargaan dari UN Women dalam Memperjuangkan Kesetaraan Gender

Melalui segmen ini, Putri mengajak para perempuan pengusaha untuk belajar mengembangkan usaha rumahan dari cerita perjuangan UMKM-UMKM yang diundang dalam segmen ini.

“Aku ingin ‘Panggung UMKM’ ini menjadi sarana dan wadah untuk kita para  wanita pengusaha saling support dan belajar dari satu sama lain,” ucap Putri belum lama ini.

Wanita memegang peranan penting dalam sebuah keluarga, mulai dari kesehatan hingga keuangan.

UMKM karya wanita Indonesia pun juga memegang peranan penting tidak hanya dalam perekonomian keluarga namun juga berkontribusi dalam perkembangan ekonomi nasional.

Melalui Panggung UMKM, Putri Habibie berharap dapat membangun kepercayaan diri para calon wanita pengusaha lainnya untuk mulai mengembangkan usaha rumahannya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved