Breaking News:

Tangki BBM di Cilacap Terbakar

Soal Dugaan Penyebab Kebakaran Tangki Milik Pertamina, Pakar ITB: Petir Tropis Memang Lebih Kuat

Reynaldo Zoro menegaskan, petir di daerah tropis seperti Indonesia memang jauh lebih kuat dibandingkan wilayah sub tropis.

Editor: Sanusi
Tribun Jateng/ Permata Putra Sejati
Suasana kebakaran Tangki kilang Pertamina RU IV Cilacap terbakar pada Sabtu (13/11/2021) malam sekira pukul 19.10 WIB. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Malvyandie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Reynaldo Zoro menegaskan, petir di daerah tropis seperti Indonesia memang jauh lebih kuat dibandingkan wilayah sub tropis.

Dengan demikian, meski kualitas tangki milik Pertamina dinilai sangat baik, namun tidak menutup kemungkinan bisa berlubang saat tersambar petir.

“Iya, kualitas tangki sangat bagus, telah memenuhi berbagai standar, termasuk standar National Fire Protection Association (NFPA). Tetapi petir tropis memang sangat kuat. Apabila menyambar tangki, bisa membuat meleleh, bisa berlubang,” jelas Zoro kepada media, Senin (15/11/2021).

Baca juga: BMKG Sebut Ada Dua Sambaran Petir Dekat Tangki Kilang Cilacap Sebelum Insiden Kebakaran Terjadi

Kepala Pusat Penelitian Petir, Lightning Research Center (LRC), Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI)- ITB tersebut menambahkan, karakteristik petir di wilayah tropis memang berbeda dibandingkan subtropis.

Petir subtropis lebih kecil, pendek, dan impulsnya lebih sedikit.

Sedangkan ekor petir tropis lebih panjang, lebih tinggi, lebih curam, sehingga muatannya lebih banyak.

“Petir tropis memiliki sambaran tinggi, amplitudo besar, gelombang sangat curam, impulse force-nya bisa menghancurkan, dan muatan arus petir jauh lebih besar,” sambungnya.

Karena karakteristik petir tropis yang luar biasa itulah, lanjut Zoro, maka kasus kebakaran kilang akibat petir juga bukan hanya terjadi di Indonesia.

Di luar negeri, terutama di wilayah tropis, peristiwa serupa juga kerap terjadi. Saking seringnya kilang terbakar akibat petir, berbagai peristiwa tersebut kemudian ditulis dan dibukukan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved