Breaking News:

Gubernur BI: Permintaan Kredit Membaik, KPR Terus Catat Pertumbuhan Tertinggi 

Bank Indonesia (BI) menyatakan, permintaan terhadap kredit perbankan sudah membaik dari sebelumnya terkena dampak varian delta Covid-19

ist
Gubernur BI Perry Warjiyo. Bank Indonesia (BI) menyatakan, permintaan terhadap kredit perbankan sudah membaik dari sebelumnya terkena dampak varian delta Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan, permintaan terhadap kredit perbankan sudah membaik dari sebelumnya terkena dampak varian delta Covid-19. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dari sisi penawaran, standar penyaluran kredit oleh perbankan melonggar seiring dengan menurunnya persepsi risiko. 

"Permintaan kredit membaik sejalan dengan meningkatnya aktivitas dunia usaha dan konsumsi sejalan dengan melonggarnya aktivitas masyarakat," ujarnya dalam video conference, Kamis (18/11/2021).

Perry menyampaikan, seluruh kelompok penggunaan kredit telah tumbuh positif, terutama kredit konsumsi dan kredit modal kerja. 

"Di sektor konsumsi, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terus mencatat pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 8,87 persen year on year (yoy)" katanya.

Baca juga: Ekonom: Indonesia Mampu Kuasai Industri Mobil Listrik Dunia

Sementara itu, dia menambahkan, pertumbuhan kredit UMKM juga meningkat menjadi sebesar 3,04 persen yoy. 

"Hal ini menunjukkan berlanjutnya perbaikan di sektor riil dan dunia usaha, khususnya UMKM. Bank Indonesia akan terus melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif serta sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas di sektor keuangan untuk mendorong peningkatan kredit perbankan," pungkas Perry.

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga di 3,5 Persen 

Bank Indonesia (BI) menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan selama dua hari yakni 17 November dan 18 November 2021. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved